Selamat Berjuang dalam Ujian Nasional

Selamat berjuang dalam ujian nasional – Sesuai jadwal Ujian Nasional tingkat SMP dan Sederajat, mulai Senin  4 Mei 2015 seluruh siswa akan memulai perjuangannya  menempuh ujian nasional. 

Perjuangan siswa dinilai tidak seberat tahun-tahun sebelumnya. Ini tak lain mengingat sistem pelaksanaan ujian dan hasilnya tidak menentukan kelulusan siswa dari suatu sekolah.

Meskipun demikian, siswa tetap mempersiapkan ujian nasional sebaik mungkin. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai pembekalan kepada siswa. Di antaranya, belajar tambahan sore tetap diadakan oleh sekolah. 


selamat berjuang,berjuang ujian,ujian nasional

Begitu pula try-out ujian nasional yang diadakan sekian kali di sekolah. Bahkan ada siswa yang mengikuti bimbingan belajar (bimbel) pada mata pelajaran tertentu.

Selain dari berbagai langkah persiapan tersebut, siswa telah mempelajari juga berbagai tips menghadapi ujian nasional. Tujuannya adalah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan UN dalam aspek teknis. 

Sehingga para peserta didik betul-betul siap, baik secara materi pelajaran,fisik, teknis maupun secara psikis.


Jika hasil UN tidak menentukan kelulusan siswa, buat apa mempersiapkan ujian sebegitu baiknya? Bagi siswa SMP/Sederajat yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, mungkin tak perlu terlalu serius menghadapi UN. Namun yang ingin meneruskan ke jenjang SMA/MA/K, persiapan itu mengandung dua makna.

Jika lulus dengan nilai pas-pasan, alamat siswa akan masuk ke sekolah reguler. Akan sulit bagi siswa ini untuk mencoba mendaftar masuk ke sekolah unggulan. Jangankan bisa bersaing, mendaftar secara administratif pun akan sulit lolos. 

Siswa terpaksa mengubur impiannya untuk bersekolah di sekolah unggulan tersebut. Sebaliknya, bila siswa berhasil memperoleh nilai memuaskan. Tentu memiliki peluang besar untuk bersaing masuk sekolah yang lebih diunggulkan atau difavoritkan.

Kini masanya untuk berjuang, berjibaku menghadapi UN tahun 2015. Tentu saja siswa akan manfaatkanlah segala daya dan upaya yang sudah dimiliki. Selamat berjuang dalam Ujian nasional. Semoga sukses! 

Share this :

6 Responses to "Selamat Berjuang dalam Ujian Nasional"

  1. ujian nasional memiliki mistis yang seram mas, sampai banyak siswa yang takut sebelum menghadapinya.termasuk saya dulu.namun beruntung bagi saya karna kelulusan bukan dinilai dari nilai UN saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena UN menjadi penentu kelulusan, mas Hendri. Kalau sekarang enggak begitu seram karena lulus ditentukan oleh sekolah...

      Hapus
  2. Semoga sukses untukk mereka semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...Terima kasih, mas Wahab...

      Hapus
  3. Mau melanjutkan atau tidak ke SMA/MA/K persiapan untuk menghadapi UN juga perlu agar mendapatkan nilai paling tinggi minimal nilai paling tinggi se sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak... Asal siswa rajin dan gigih pasti nilai sekolahnya bagus. Karena siswa sudah suah payah mempersiapkan semuanya untuk UN...

      Hapus