Telaah Bebas Asal Kata ‘Pendidikan’

Telaah bebas asal kata ‘pendidikan’ – Pendidikan merupakan sebuah sistem untuk mencerdaskan manusia  dalam berbagai aspek. Kecerdasan otak, sikap dan tingkah laku, budi pekerti dan kecakapan hidup. Setiap bangsa di dunia nyaris mempunyai sistem berbeda karena tergantung pada dasar dan falsafah yang mereka anut.

Kata ‘pendidikan’ termasuk adjektif yang berasal dari kata ‘didik’. Namun setelah mendapat imbuhan (awalan dan akhiran), ternyata mengandung 3 kata penting, yaitu; didik, pendidik, dan didikan. Wah, pasti sangat membingungkan. Oleh sebab itu kita coba menelaahnya satu-persatu:

makna kata,pendidikan,pendidik

1.Didik.
Didik mengandung makna kata kerja yang bermakna proses untuk membuat manusia menjadi cerdas dan berbudi pekerti luhur serta memiliki keterampilan. Proses itu dilaksanakan dalam bentuk asuhan dan bimbingan.

2.Didikan.
Dalam hal ini yang dimaksud didik adalah objek sekaligus subjek pendidikan. Inilah yang dikenal dengan istilah siswa, peserta didik, atau anak didik. Mereka dikatakan sebagai objek sekaligus subjek karena mempunyai sifat dinamis dan unsur manusiawi. Artinya, didikan bukanlah benda mati yang bisa dibuat dan diolah sesuka hati.

3.Pendidik.
Pendidik adalah orang dewasa yang melakukan proses pencerdasan dan pembentukan sikap dan tingkah laku yang baik kepada didikan. Orang dewasa itu mempunyai nilai lebih dalam hal tertentu dalam melakukan proses didik. Dalam hal ini yang termasuk pendidik adalah guru dan orang tua. Guru adalah pendidik di lembaga sekolah sementara orang tua adalah pendidik di lingkungan keluarga.

Share this :

0 Response to "Telaah Bebas Asal Kata ‘Pendidikan’"

Poskan Komentar