Tentang Kenaikan Kelas Siswa

Tentang kenaikan kelas siswa – Hiruk pikuk ujian nasional telah berakhir menyusul berakhirnya ujian akhir tingkat sekolah dasar minggu lalu. Prosesi rutin akhir tahun pelajaran masih terus akan berlanjut sampai penerimaan rapor. 

Salah satu prosesi penting bagi siswa pasca UN adalah ujian kenaikan kelasNilai yang diperoleh dari ujian naik kelas (semester genap) akan menentukan kenaikan kelas siswa. 

Prosentasenya sudah diatur dalam proses dan prosedur pengolahan nilai rapor siswa. Pertanyaannya adalah sudah memadaikah nilai pendamping yang diperoleh siswa sebelumnya. Nilai pendamping itu antara lain nilai harian dan nilai mid-semester.

tentang,kenaikan kelas,siswa

Sebenarnya, urusan yang beginian sebagian orang tua siswa tak mau direpotkan. Makanya, siswa harus ingat dan paham betul bagaimana proses penilaian yang akan dicantumkan di dalam buku rapor. 

Dengan demikian siswa dapat memberikan penjelasan kepada orang tua jika mereka lupa proses penilaian itu.

Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa kenaikan kelas tidak hanya ditentukan oleh nilai akademik semata. Justru nilai sikap dan tingkah laku (budi pekerti) bisa jadi menjadi batu sandungan bagi siswa untuk naik kelas. 

Jika pihak guru memberikan nilai autentik sikap dan kepribadian kategori; kurang, sementara nilai akademik bagus. Orang tua siswa tidak dapat berbuat apa-apa dan menerima anaknya untuk mengulang di kelas yang sama.

Siswa yang menghadapi ujian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Orang tua perlu memberikan motivasi dan mengirim doa agar anak berhasil menempuh ujian. Tentunya siswa akan memperoleh nilai bagus sehingga kenaikan kelas berjalan mulus. Semoga!

Share this :

0 Response to "Tentang Kenaikan Kelas Siswa"

Poskan Komentar