Apa dan Bagaimana Konsentrasi Belajar Siswa

Apa dan Bagaimana Konsentrasi Belajar Siswa

Apa dan bagaimana konsentrasi belajar siswa – Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian dan pemikiran terhadap sesuatu objek yang sedang dihadapi. 

Berkonsentrasi berarti memfokuskan segala perhatian dan aktivitas otak terhadap apa-apa yang tertangkap oleh panca indra.

Siswa sedang belajar di ruang kelas dimana gurunya menerangkan materi pelajaran tertentu dengan baik. Apakah siswa bisa memusatkan perhatian terhadap penjelasan gurunya? Bisa menangkap dan menyerap materi pelajaran yang dijelaskan guru?

konsentrasi,belajar,siswa

Jika siswa tidak dapat melakukan pemusatan perhatian terhadap sesuatu yang sedang dipelajari. Berarti siswa tersebut telah mengalami gangguan konsentrasi. Siswa sering memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan guru. 

Atau ketika ditanya oleh guru, siswa tersebut terlihat kebingungan. Bukan mustahil siswa senyum senyum tak menentu, atau nampak cemas dan gelisah.

Apa penyebab gangguan konsentrasi pada siswa? Penyebab terganggunya konsentrasi belajar siswa di sekolah umumnya disebabkan oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. 

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, seperti gangguan karena permasalah psikologis (kejiwaan). Stres dan depresi.

Sedangkan faktor eksternal merupakan gangguan dari kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif. Misalnya, lokasi sekolah berdekatan dengan lokasi pabrik, jalan raya, pasar, dan lain sebagainya. 

Selain itu juga disebabkan oleh proses pembelajaran yang tidak terkontrol. Misalnya siswa selalu mengeluarkan suara koor (serentak) dalam menjawab pertanyaan guru. Simak juga: Gangguan Konsentrasi Belajar Siswa

Bagaimana upaya agar siswa konsentrasi dalam belajar? Mengatasi gangguan konsentrasi belajar tidak bisa dilakukan secara sepihak. Biasanya dilakukan secara menyeluruh dan bertahap. 

Selain melibatkan siswa bersangkutan, juga perlu melibatkan orang tua siswa, guru dan lingkungan masyarakat di sekitar sekolah. Baca kembali: Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar siswa

Posting Komentar