Cara Menentukan Kutub Magnet Bahan

Cara menentukan kutub magnet bahan - Pelajaran fisika pada konsep kemagnetan masih menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian siswa kelas IX SMP/MTs. Padahal materi kemagnetan menyangkut bahan magnetik dan bahan non-magnetik. 

Bahan non-magnetik bisa dijadikan bahan magnetik. Artinya, bahan yang bukan magnet bisa bersifat magnet melalui berbagai cara.

Disini dicontohkan adalah bahan besi. Salah satu cara untuk membuat sifat kemagnetan pada bahan besi adalah menggosok besi tersebut dengan magnet lain secara searah dan teratur. Bila besi telah bersifat magnet maka akan terbentuk dua kutub magnet.

Agar lebih jelas berikut ini dikemukakan contoh soal cara menentukan kutub magnet yang terbentuk pada bahan yang sudah bersifat magnet setelah dilakukan penggosokan dengan magnet.

Soal:

Perhatikan gambar berikut ini!

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.com)

Batang besi AB akan dibuat magnet dengan digosok berulang-ulang dengan magnet batang secara searah seperti pada gambar. Kutub-kutub magnet dan sifat magnet yang terjadi pada batang besi AB adalah…

a. A kutub utara dan B kutub selatan, bersifat tetap

b. B kutub utara dan A kutub selatan, bersifat tetap

c. A kutub utara dan B kutub selatan, bersifat sementara

d. B kutub utara dan A kutub selatan, bersifat sementara

Pembahasan:

Salah satu cara membuat sifat kemagnetan suatu bahan adalah dengan menggosokkan magnet yang kuat ke bahan tersebut secara kuat dan berulang-ulang sepanjang arah batang ke satu arah. 

Pada ujung berakhirnya gosokan (B) terjadi kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet yang digosokkan (A). Akan diperoleh magnet yang bersifat tetap.
Baca juga : Cara Mudah Menentukan Kutub Magnet
Kunci jawaban:

A (A kutub utara dan B kutub selatan, bersifat tetap).***