Hawa Lebaran Mulai Terasa (?)

Hawa lebaran mulai terasa (?) - Kendati puasa baru berjalan paruh ramadhan, hawa lebaran sudah mulai terasa. Di media massa, baik cetak, elektronik, maupun jaringan lebih kentara lagi. Orang sudah mulai memasang kuda-kuda buat menghadapi lebaran sekaligus tahun pelajaran baru bagi anak sekolah.

Ada yang lebih unik. Di daerah pedesaan umumnya mata pencaharian penduduk bertani dan berkebun. Aktivitas mencari uang yang dilakukan selama bulan ramadhan memang berorientasi untuk menyambut lebaran Idhul Fitri 1436 H


hawa,lebaran

Cerita sesama petani dan pekebun nyaris berkisar soal baju baru anak  untuk berlebaran. Soal daging untuk pakan nasi saat lebaran tiba. Lebaran di kampung-kampung seakan identik dengan baju baru dan daging hewan.

Yang agak membikin pusing kepala para ibu rumah tangga adalah meroketnya harga barang kebutuhan pokok di pasar. Seorang ibu rumah tangga pergi ke pasar membawa uang seratus ribuan. Apa yang ia dapatkan dengan uang sebanyak itu? 

Ternyata hanya satu kilogram cabe merah dan setengah kilogram bawang merah! Kebutuhan dapur lainnya? Entahlah! Barangkali, nilai uang seratus ribu ini sama dengan sepuluh ribu sebelum terjadi reformasi?

Okelah kalau begitu! Cerita menyambut lebaran memang membuat sebagian kita sempat menghempaskan nafas besar. Tapi mau mengadu kepada siapa lagi? Sudah berbusa mulut ini akibat terlalu sering mengadu kepada orang-orang besar. Pejuangkanlah kami rakyat kecil!

Lebaran dan biaya anak sekolah akan berpacu menentang kocek orang tua.Demi kelangsungan pendidikan anak, tentulah biaya pendidikan anak lebih difikirkan. Hawa lebaran memang sudah mulai terendus aromanya. 

Jika lebaran adalah sebuah prestise, maka prestise itu hanya sesaat. Prestise pendidikan anak akan berlangsung seumur hidup! Simak juga: Kesibukan Menghadapi Tahun Ajaran Baru

Share this :

5 Responses to "Hawa Lebaran Mulai Terasa (?)"

  1. betul banget Bos hawa lebaran sudah mulai terasa, harga kebutuhan pokok sudah mulai naik, nggak ketinggalan juga petasan sudah mulai meletus disana-sini, berasa tinggal 2 hari lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali petasan ini cukup mengganggu meskipun itu menunjukkan kemeriahan bulan ramadhan...

      Hapus
  2. hawa lebaran memang sudah mulai terasa disegala lini, baik anak-anak maupun para orang tua, semua sudah berfikir dan mempersiapkan segala halnya tentang kedatangan hari raya lebaran.
    semoga kita juga berkesempatan menyambut lebaran dan sehat tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, mas...Lebaran kita sambut dengan harapan tetap sehat dan wal'afiat. Mudah-mudahan tercapai. Amiin...

      Hapus
  3. bener sekali..2 minggu lagi kita sudah merayakan hari lebaran..sepertinya sudah ada di depan mata :)

    BalasHapus