Ilustrasi 4 Koordinat Hidup Seorang Manusia

Ilustrasi 4 koordinat hidup seorang manusia – Menyimak judul artikel di atas, kita seperti sedang belajar koordinat pada mata pelajaran matematika. Namun yang akan dibahas bukan soal matematika. Itu hanya sekadar ilustrasi untuk menggambarkan kondisi seseorang ketika menjalani hidup di dunia sampai meninggal dunia.

Jika diilustrasikan, keberadaan seorang manusia berada pada 4 posisi koordinat. Apa sajakah keempat koordinat posisi seorang manusia?

1.Manusia yang hidup dalam hidup

Manusia dalam koordinat ini, lahir dan batin bermanfaat untuk dirinya sendiri, sesama manusia, bahkan bagi makhluk lain selain manusia. Kehadirannya dalam pergaulan hidup sosial sangat diharapkan karena dapat mendatangkan pencerahan bagi orang lain. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi dirinya dan juga orang lain.

koordinat,hidup,manusia

2.Manusia yang mati dalam hidup

Orang yang termasuk koordinat ini lebih mirip dengan rangka manusia yang dapat berjalan. Yang berjalan itu sesungguhnya hanyalah anggota gerak tubuh sementara semangat dan kegairahannnya sudah hilang.  Ia kehilangan semangat dan kekuatan untuk menjalani hidup sampai akhir hayatnya.

3.Manusia yang hidup dalam mati

Manusia yang termasuk koordinat ini adalah manusia yang pernah masuk koordinat manusia yang hidup dalam hidup. Ketika manusia ini sudah meninggal dunia, orang lain seakan merasakan ia masih hidup. Begitu besar jasa dan kebaikan orang itu kepada orang lain selama dia hidupnya.

4.Manusia yang mati dalam mati

Barangkali, ini adalah koordinat hidup manusia yang paling jelek. Mati dalam keadaan mati. Ketika manusia ini meninggal dunia, orang lain merasakan bahwa ia tak pernah hidup. Ia tak akan dikenang oleh manusia yang masih hidup. Bahkan, orang yang ditinggalkannya merasa beruntung dan aman kalau dia sudah meninggal. Sebab, kehadirannya sering menyusahkan orang lain semasa ia hidup.

Share this :

0 Response to "Ilustrasi 4 Koordinat Hidup Seorang Manusia"

Poskan Komentar