Mengapa Fisika Itu Dianggap Sulit?

Mengapa fisika itu dianggap sulit? - Mata pelajaran fisika umumnya dianggap sulit oleh sebagian siswa. Seolah-olah fisika menjadi sesuatu yang menakutkan. Belajar fisika di sekolah menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Bagaimana dengan guru mata pelajarannya? Memang, tak dapat dipungkiri. Guru fisika sering dianggap sebagai guru yang kurang humor dan terlalu serius.

Lalu, apa sesungguhnya alasan mata pelajaran fisika dianggap sulit? Berikut adalah alasan utama mengapa mata pelajaran fisika dianggap sulit.


1.Fisika dianggap sebagai pelajaran rumus

Memang, konsep fisika itu selalu dilandasi oleh rumus temuan ahli fisika. Kadang-kadang rumus itu terlalu abstrak sehingga sering membuat pusing kepala siswa. Selain itu, dalam konsep pelajaran fisika terlalu banyak rumus jika diturunkan dari rumus pokoknya.

mengapa,fisika,sulit

2.Fisika membutuhkan nalar dan pemahaman

Siswa yang suka membaca dan menghapal materi pelajaran tidak suka memahami rumus dan konsep fisika. Konsep fisika membutuhkan penalaran dan kecakapan matematika. Memahami rumus fisika harus memahami operasi bilangan matematika. Tanpa modal ini akan susah memahami rumus fisika.

3.Guru terlalu fokus dan serius menerangkan pelajaran

Sebenarnya alasan ini tidak cukup dasar. Setiap guru akan mempunyai stil dan gaya mengajar berbeda. Tidak selalu guru fisika itu serius dan monoton. Banyak guru fisika yang mempunyai sense of humour yang tinggi.

4.Guru kurang menggunakan media dan alat peraga pembelajaran

Hal ini disebabkan karena keterbatasan sarana mengajar fisika di sekolah. Boleh jadi karena alasan ini, metode demonstrasi atau eksperimen jarang digunakan oleh guru. Pemberian materi fisika lebih banyak dengan metode ceramah.

Itulah empat alasan utama mengapa fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak mudah oleh sebagian siswa. Namun dengan memahami penyebab ini, para guru bisa mencari solusi mengatasi masalah ini secara berangsur-angsur dan bertahap. 

Share this :

5 Responses to "Mengapa Fisika Itu Dianggap Sulit?"

  1. hehehe .. belajr fisika swktu di sekolah menengah pertma ...
    itupan rasanya pusing sekali ,,,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Fisika itu bisa dipahami dan tidak memusingkan dalam kondisi pembelajaran yang kondusif. Konsentrasi yang tinggi dan suasana pembelajaran yang rileks...

      Hapus
  2. Metode ngajar sangat berpengaruh. Mau gurunya sangat pintar fisika tetapi tidak "bagus" ngajarnya tetap saja nggk sampai ke siswa. Salam hangat dari Aceh Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap sampainya materi pelajaran pada siswa. Salam balik dari ranah minang, mas...

      Hapus
  3. Wah jaman sekolah saya dulu memang ogah sama FISIKA hahahhaahaha. Kasian ya

    BalasHapus