Contoh Soal Muatan Listrik pada Benda

Contoh soal muatan listrik pada benda - Di kelas IX SMP/Sederajat, siswa sering menemukan soal-soal yang berkaitan dengan listrik statis, baik saat menghadapi ujian mid-semester, semester maupun ujian sekolah dan ujian nasional. Soal-soal ini bersifat pemahaman namun siswa sering mengalami keraguan dalam menjawabnya. 

Untuk itu, kali ini akan ditampilkan 2 contoh soal sekaligus. Tujuannya adalah agar siswa dapat membedakan kedua bentuk soal tersebut.

Soal :

elektron,proton,netron

#1. Sebatang kaca digosok dengan kain sutera maka yang akan terjadi adalah….

A. kain sutera bermuatan listrik positif 
B. kaca bermuatan listrik negatif 
C. proton berpindah dari kaca ke kain sutera 
D. elektron berpindah dari kaca ke kain sutera


Pembahasan:


Pada umumnya benda bersifat netral (tidak bermuatan). Namun dapat diberi muatan listrik bila digosokkan dengan benda lain. Misalnya, sebatang kaca digosok dengan kain sutera, maka batang kaca akan bermuatan positif dan kain wol bermuatan negatif. Mengapa? Elektron berpindah dari batang kaca ke kain sutera. Batang kaca akan kekurangan elektron sehingga menjadi bermuatan listrik positif. Sebaliknya, kain sutera menerima elektron dari batang kaca sehingga kain sutera mengalami kelebihan elektron. 


Kunci jawaban : 

D (elektron berpindah dari kaca ke kain sutera)


#2. Jika mistar plastik digosok dengan kain wol, maka yang terjadi adalah…

A. elektron dari mistar berpindah ke kain wol sehingga mistar bermuatan positif (+) 
B. elektron dari kain wol berpindah ke mistar sehingga mistar bermuatan negatif (-) 
C. proton dari kain wol berpindah ke mistar, sehingga mistar bermuatan positif 
D. proton dari mistar berpindah ke kain wol sehingga mistar bermuatan negatif 

Pembahasan:

Yang pasti, proton tidak dapat berpindah karena terikat kuat pada inti atom. Elektron dapat berpindah dari satu atom ke atom yang lain, misalnya ketika suatu benda digosok dengan benda lain. Jika mistar plastik digosok dengan kain wol, elektron dari kain wol akan berpindah ke mistar plastik sehingga mistar plastik kelebihan elektron ( bermuatan listrik negatif). Sebaliknya wol akan kekurangan elektron (bermuatan listrik positif).

Kunci jawaban : 

B (elektron dari kain wol berpindah ke mistar sehingga mistar bermuatan negatif (-) )

Share this :

2 Responses to "Contoh Soal Muatan Listrik pada Benda"

  1. udah lama banget gak ketemu hal ginian...sekali belajar lagi ingatan mulai kendur...tapi menurut saya sederhana, gampang dipelajari, tinggal menguatkan ingatan aja da. sebuah metode yang bagus juga perlu dipersiapkan untuk proses pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbah. Soal listrik statis dalam fisika kira-kira seperti ini namun masih tetap dianggap sangat sulit oleh sebagian siswa. Ya, mungkin metode yang bagus perlu dipersiapkan untuk proses pembelajaran agar soal-soal seperti ini bisa diminati oleh siswa. Terima kasih, mbah...

      Hapus