Pengaruh Suhu pada Pemuaian Zat

Pengaruh suhu terhadap pemuaian zat - Jika kita perhatikan jaringan kabel listrik pada transmisi jarak jauh, ternyata pemasangannya dibuat agak kendur. Coba diperhatikan jaringan kabel listrik yang ada di sekitar rumahmu pada malam hari atau saat cuaca dingin. Seolah-olah pemasangan kabel listrik tidak kencang, mengendur. Ada apa gerangan dengan pemasangan kabel jaringan listrik seperti itu? 

Pertimbangan pemasangan kabel listrik berkaitan dengan peristiwa pemuaian terhadap zat padat. Nah, kali ini kita akan membahas contoh soal tentang pengaruh suhu pada pemuaian dalam lingkungan kehidupan sehari. Dalam hal ini kita ambilkan contoh tentang jaringan kabel listrik jarak jauh.

Soal :

Perhatikan pemasangan kabel listrik pada transmisi jarak jauh yang dibuat kendur seperti pada gambar berikut:

pengaruh,suhu,pemuaian


Perhatikan pemasangan kabel listrik pada transmisi jarak jauh dibuat agak kendur seperti pada gambar di atas. Hal ini dilakukan agar ....


A.memberi toleransi pemuaian ketika arus listrik mengalir

B.kawat tidak memuai ketika mendapatkan panas matahari

C.memberi toleransi pemuaian akibat terjadi perubahan suhu

D.kawat tidak mudah putus di malam hari ketika suhu rendah


Jawaban: 

C (memberi toleransi pemuaian akibat terjadi perubahan suhu)

Penjelasan:

Suhu berpengaruh terhadap pemuaian zat padat. Pada siang hari suhu tinggi sehingga panjang atau volume benda bertambah sesuai koefisien muai panjang masing-masing jenis zat. Sebaliknya pada suhu rendah, panjang atau volume benda menyusut. Agar kabel listrik dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan suhu maka pemasangan kabel dibuat agak kendur sebagai toleransi terhadap perubahan suhu.

0 Response to "Pengaruh Suhu pada Pemuaian Zat"

Poskan Komentar