Peranan Fisika dalam Perkembangan Teknologi

Peranan fisika dalam perkembangan teknologi - Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) yang cukup konstributif dalam menunjang kemajuan teknologi. Keberadaan ilmu fisika sangat strategis, baik ditinjau dari fisika itu sendiri secara keilmuan maupun keterkaitannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu. 

Perkembangan ilmu fisika ditunjukan dengan perkembangan kemajuan teknologi dewasa ini. Sebut saja, teknologi di bidang pertanian, kesehatan, komunikasi, transportasi dan pertambangan, energi serta teknologi antariksa. Fisika memiliki andil cukup besar mulai dari teknologi yang sangat sederhana hingga teknologi berdesain yang cukup rumit (High way technology).

Beberapa tahun terakhir, diperkenalkan pula teknologi nano (nanotechnology) yang merupakan temuan teknologi mutkhir dan bermanfaat nyata diantaranya dibidang pertanian, kesehatan dan teknologi komunikasi.

Nano merupakan ukuran partikel yang sangat kecil sekali (10-9 meter) tidak kasat mata. Namun partikel yang berukuran nano tersebut dapat diciptakan oleh para ilmuwan fisika yang tergabung dalam berbagai disiplin ilmu sebagai material pembuatan teknologi yang secara faktual untuk kepentingan kebutuhan manusia. 

Diharapkan, peranan fisika terhadap perkembangan teknologi mutakhir akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan umat manusia.

Share this :

0 Response to "Peranan Fisika dalam Perkembangan Teknologi"

Poskan Komentar