Puasa Membentuk Karakter Pribadi Sederhana

Puasa membentuk pribadi sederhana – Puasa di bulan ramadhan sesungguhnya tidak hanya bernilai ibadah kepada Allah SWT. 

Bagi pribadi yang melaksanakan puasa akan membentuk nilai-nilai tertentu, menjadi pribadi sederhana misalnya. Dan ini menjadi pokok pembicaraan kita pada artikel kali ini.

Karakter pribadi sederhana akan terbentuk melalui rangkaian ibadah puasa. Salah satu contoh kecil adalah saat sahur dan berbuka puasa. 

Saat sahur maupun berbuka puasa, dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam hal makan dan minum. Kalau berlebihan justru akan menimbulkan penyakit.

Coba bayangkan, ketika sahur sudah tersedia hidangan yang lezat. Apakah semua itu akan dilahap semua? Jika dilahap semua justru berdampak terhadap kesehatan lambung dan tubuh pada umumnya. 

Begitu pula saat berbuka puasa. Saat-saat dimana makan dan minum sudah dibolehkan. Disinilah datangnya ujian untuk menahan diri dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang tersedia.

puasa,pribadi,sederhana

Tidak hanya persoalan makan dan minum. Berbicara dan bertindak-tanduk selama bulan ramadhan dianjurkan untuk tidak berlebihan. Berbicara yang baik, tidak berlebihan mengandung nilai ibadah. 

Mengurangi berbicara yang mengarah pada fitnah, menjelek-jelekkan orang lain. Konon hal ini akan mengurangi nilai ibadah puasa.

Jelaslah bagi kita, kesederhanaan menjadi salah satu ciri khas puasa di bulan ramadhan. Pola hidup sederhana di bulan ramadhan akan membekas dan terlihat juga dampaknya setelah bulan ramadhan berakhir. Baca juga: Sederhana Itu Indah dan Nyaman

Share this :

9 Responses to "Puasa Membentuk Karakter Pribadi Sederhana"

  1. betul sekali pak, dengan berpuasa kita dilatih hidup yg sederhana, walau seharusnya bukan di bulan puasa pun kita juga harus tetap hidup sebagai pribadi yg sederhana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih supportnya, pak Eka...Pribadi sederhana itu sepertinya membuat hidup lebih indah dan nyaman. Bukankah begitu, pak Eka?

      Hapus
    2. betul sekali Bapak hehehe, met sahur ya Pak

      Hapus
  2. dengan puasa kita juga bisa berlatih sabar dan ikhlas :)

    BalasHapus
  3. benar sekali ya bang uda, dengan berpuasa dapat membentuk pribadi yang sederhana, rendah hati dan berbudi luhur juga jauh dari hal yang berlebihan.. cuman kebanyakan selesai ramadhan, sifat dan watak kembali ke semula hehe.. semoga tidak yah..

    BalasHapus
  4. Mau buka puasa ataupun sahur aku selalu makan nasi sedikit yang banyak itu cuma ngemil setelah makan. Dan akhirnya kekenyangan akibat banyak minum air anget sih :D

    BalasHapus
  5. saat berbuka aku selalu makan sedikit mas uda saat sahur pun begitu hanya sedikit soalnya tak barsemangat untuk makan banyak :D karena ketakutan berat badannya bertambah mas hehehehe

    BalasHapus
  6. Sepertinya jg bagus uda kalo di biasakan pada bulan selain ramadhan

    BalasHapus
  7. Dengan berpuasa kita akan terhindar dari nafsu yang merugikan orang lain..

    BalasHapus