Syarat Wajib dan Rukun Berpuasa

Syarat wajib dan rukun berpuasa – Marhabban ya…ramadhan! Selamat datang bulan ramadhan 1436 H. Insyaallah umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa mulai Kamis, 18 Juni 2015 ini. 

Salah satu hal yang dianjurkan untuk memasuki bulan puasa tersebut adalah saling meminta dan memberi maaf atas sesama umat muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan berkah. Oleh sebab itu, jika ada kesalahan dan kekhilafan terhadap blogger dan netter, admin matra pendidikan mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin. Begitu pula sebaliknya.


syarat,rukun,berpuasa

Berpuasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Panggilan berpuasa terutama ditujukan kepada orang yang beriman sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Albaqarah: 183 :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS: Albaqarah;183)

Bagi siswa, berpuasa menjadi ajang untuk membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa. Selain itu juga menumbuhkan rasa sosial dan empati dalam pribadi siswa sebagai makhluk sosial. Simak juga artikel: Menumbuhkan rasa sosial dan empati padaanak

Agar dapat mencapai tujuan dimaksud, siswa melaksanakan puasa dengan baik. Apalagi bagi yang belajar di sekolah pada bulan puasa, sungguh menjadi tantangan yang tidak ringan. Oleh sebab itu pelajari juga bagaimana tips belajar pada bulan puasa

Sekadar memperbaharui informasi, berpuasa harus memenuhi syarat yang wajib berpuasa. Syarat wajib artinya hal-hal yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah. Jika belum terpenuhi syarat wajib tersebut, maka gugurlah hukum kewajiban ibadah terhadap seseorang muslim. Adapun syarat wajib berpuasa bagi umat muslim adalah:

1.Islam laki-laki mapun perempuan.
2.Telah baligh dan berakal sehat.
3.Sanggup melaksanakan puasa
4.Mengetahui awal puasa ramadhan.

Selain syarat wajib di atas perlu juga disimak kembali rukun puasa. Rukun puasa adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dalam melaksanakan ibadah puasa. Ada 2 rukun berpuasa, yaitu:

1.Berniat untuk berpuasa.
2.Menahan dari segala yang membatalkan puasa.

Demikianlah sajian ringan mengenai syarat wajib dan rukun  berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mudah-mudahan kita diberi keimanan dan kekuatan penuh untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan 1436 H. 

Share this :

4 Responses to "Syarat Wajib dan Rukun Berpuasa"

  1. kalau saya ikut mendoakan, semoga puasa kita semua lancar dan mendapat ridho Allah SWT, amin.

    BalasHapus
  2. sayang kalau tidak puasa. karena suatu yang mampu dan tidak ada halangan (tidak puasa dengan sengaja) tidak dapat diganti....sayang kan ya da? yang perlu di ingat adalah menjaga kesehatan selama berpuasa. ok da selamat berpuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, mbah. Mudah-mudahan kondisi tubuh kita tetap sehat ketika melaksanakan ibadah puasa...

      Hapus