Soal Tekanan oleh Zat Padat

Soal tekanan oleh zat padat - Jika sobat mengenakan sepatu bertumit tinggi kemudian menginjak tanah yang lembek. Apa yang sahabat alami? Tentu saja akan susah melangkahkan kaki karena bagian sepatu tertancap di tanah lembek. Mengapa demikian?

Sobat yang tinggal di daerah pedesaan sering menyaksikan ayam dan itik berjalan di tanah yang lembek di halaman ketika musim hujan. Manakah yang lebih dalam tertancap di tanah, kaki ayam atau itik? 

Tentu saja kaki ayam karena tidak mempunyai selaput di antara jari-jari kaki ayam. Berbeda dengan itik dimana kakinya berselaput lebih luas di sela jemari itik tersebut.

Fenomena di atas sebenarnya sesuai dengan hukum fisika yang dikenal dengan tekanan pada zat padat. Oleh sebab itu kita lihat bagaimana contoh soal fisika yang berkaitan dengan tekanan pada zat padat tersebut.

Soal:

Perhatikan gambar  dibawah ini!

tekanan,zat,padat


Benda yang akan memberikan tekanan terbesar pada suatu bidang adalah….

a. A

b. B.

c. C

d. D

Pembahasan:

Tekanan yang diberikan oleh suatu benda kepada benda lain dipengaruhi oleh dua hal, yaitu gaya yang diberikan dan luas permukaan bidang tekan. Atau sesuai persamaan: 

P= F/A

Keterangan:


P=tekanan


F=gaya tekan


A=luas permukaan bidang tekan.

Berdasarkan persamaan di atas, tekanan oleh suatu benda berbanding terbalik dengan luas permukaan bidang tekan. Artinya, semakin kecil permukaan bidang tekan semakin besar tekanan pada benda. Begitu pula sebaliknya, semakin luas permukaan benda maka tekanan semakin kecil.

Kunci jawaban : 

c. (gambar C)

Share this :

0 Response to "Soal Tekanan oleh Zat Padat"

Poskan Komentar