Permainan Tarik Tambang yang Dilombakan

Permainan tarik tambang yang dilombakan – Tarik tambang bukanlah sejenis olah raga melainkan sebuah permainan rakyat (permainan tradisional) Indonesia. 

Permainan unjuk kekuatan, teknik penempatan, dan tumpuan kaki ini dilakukan secara beregu dengan masing-masing regu sama banyak, 5 orang atau lebih.

Dua regu saling unjuk kekuatan dengan menarik tali tambang secara berlawanan. Sebagai titik keseimbangan dibuat garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas akan dinyatakan kalah. Regu yang akan menang adalah regu yang memiliki kekuatan memadai.

Namun teknik penempatan dan tumpuan kaki pada tanah sangat menentukan. Peserta yang dianggap paling kuat ditempatkan pada bagian ujung tali  atau paling belakang. Fungsinya untuk menahan tarikan atau menarik tali tambang jika kondisi memungkinkan.

lomba,tarik,tambang

Tumpuan kaki peserta dan sudut kemiringan tubuh terhadap tanah juga menentukan kemenangan sebuah regu dalam berlomba. Setiap anggota regu berusaha menyamakan sudut kemiringan tubuh serta meluruskan tarikan tali tambang agar resultan (jumlah) gaya tarik menjadi besar.

Permainan tarik tambang sering dijadikan sebagai pengisi acara pada peringatan atau kegiatan classmeeting di sekolah. Acara peringatan hari kemerdekaan sering diperlombakan permainan tarik tambang ini. Begitu pula kegiatan classmeeting di sekolah-sekolah.

Permainan tarik tambang mengandung unsur pendidikan karakter seperti sportifitas dan kebersamaan dalam kelompok. Selain itu mengandung nilai kegembiraan dan kemeriahan dalam kebersamaan. Tentunya, yang paling penting adalah melatih kekuatan otot.

Share this :

0 Response to "Permainan Tarik Tambang yang Dilombakan"

Poskan Komentar