6 Tips Belajar Selama Bulan Puasa

6 Tips belajar selama bulan puasa – Belajar pada bulan puasa membutuhkan kondisi tubuh yang prima. 

Dalam keadaan perut kosong, siswa akan mengikuti kegiatan pembelajaran. Menerima materi pelajaran meskipun tidak sebanyak materi di luar bulan puasa ramadhan. 

Bagi sebagian rekan siswa, belajar di sekolah di bulan puasa bukanlah hal yang ringan, terutama siswa jenjang SD dan SMP.

Pihak terkait dengan pendidikan akan mengeluarkan regulasi tentang sistem dan proses pembelajaran selama bulan ramadhan. Pemerintah daerah setempat atas nama dinas pendidikan kabupaten/kota mengeluarkan edaran kepada masing-masing sekolah tentang skedul pembelajaran selama bulan puasa.


tips,belajar,bulan puasa

Pembelajaran selama bulan puasa lebih diarahkan pada peningkatan nilai keimanan dan ketaqwaan siswa. Sebaliknya, pemebelajaran dengan pemberian materi pelajaran pokok di sekolah dikurangi. 

Itu sebabnya mengapa belajar bulan puasa dianggap sebagai saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa.

Untuk menghadapi kegiatan pembelajaran selama bulan ramadhan, ikuti tips ringan berikut ini:

1.Niat

Berpuasa merupakan ajang latihan fisik dan mental bagi siswa sekolah dasar dan menengah. Oleh sebab itu siswa perlu berniat untuk melaksanakan latihan tersebut dengan tulus dan ikhlas. 

Berpuasa merupakan latihan untuk beribadah sedangkan belajar adalah sarana memperbaiki kualitas diri siswa. Kelak, jika sudah besar akan menjadi orang yang terlatih untuk bekerja dan meningkatkan nilai ibadah selama bulan ramadhan.

2.Mengatur skedul harian

Siswa perlu membuat agenda kegiatan harian. Mulai dari sahur sampai pelaksanaan shalat tarwih. Jika dibiasakan mengikuti alur tersebut siswa akan terbiasa disiplin dan membuat waktu sehari sudah terisi oleh berbagai jenis  kegiatan belajar dan beribadah.

3.Sahur dan berbuka puasa

Siswa makan sahur sebaiknya jangan terlalu cepat. Sebaiknya mendekati waktu imsak. Sementara bernuka puasa usahakan di awal waktunya. Sahur dan berbuka supaya tidak berlebihan. 

Jika berlebihan justru menimbulkan sakit perut. Lagi pula, perut yang terlalu kenyang akan membuat mata ngantuk ketika mengikuti pembelajaran di sekolah.

4.Menjaga aktivitas fisik

Puasa menahan segala macam yang membatalkan puasa. Tidak makan dan minum dari saat imsak sampai berbuka. Oleh sebab itu siswa tidak melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga di sekolah.

5.Perbanyak beribadah

Belajar selama bulan puasa di sekolah juga termasuk ibadah. Ibdah juga dapat dilakukan degan membaca al qur’an di sekolah. Berdiskusi mengenai hal-hal yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri siswa.

6.Makan dan minuman yang sehat

Makan dan minum sewaktu sahur dan berbuka dianjurkan tidak berlebihan. Namun yang lebih penting adalah kualitas makanan dan minuman. Makan dan minuman yang sehat dan memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan puasa.

Demikianlah sedikit uraian tips belajar selama bulan puasa di sekolah. Semoga bermanfaat untuk kita semua, khususnya rekan siswa yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.

Share this :

4 Responses to "6 Tips Belajar Selama Bulan Puasa"

  1. setuju sekali Bos, pondasi awal adalah niat, kalau memang sudah niat, pasti akan mempersiapkan diri dalam belajar saat puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Kalau sudah pasang niat yang kokoh, siswa akan dapat mempersiapkan diri dan mampu belajar dengan baik meskipun di bulan puasa...

      Hapus
  2. WALAUPUN BISA DI KATAKAN PADA BULAN PUASA INI HAMPIR BANYAK LIBURNYA, TETAPI INI SARANA MENAMBAH ILMU DI RUMAH YA PAK, BUKAN MALAH UNTUK MAEN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Purnama. Di rumah justru harus lebih banyak belajar ketimbang maen...

      Hapus