Tujuan dan Lingkup Fisika di SMP

Tujuan dan lingkup IPA Fisika SMP/MTs - Pembelajaran fisika di SMP/MTs mengacu pada standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) IPA di SMP/Mts. Kompetensi ini menjadi standar minimum dimana secara nasional harus dicapai oleh peserta didik. Selain itu kompetensi ini menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. 

Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. Mata pelajaran IPA Fisika di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

tujuan,lingkup,fisika SMP

1.Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya.

2.Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3.Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

4.Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi.

5.Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
 
6.Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.

7.Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.

Bahan kajian atau ruang lingkup IPA-Fisika untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek materi dan sifatnya, energi dan perubahannya, serta pengetahuan  bumi dan alam semesta. Pembelajaran IPA-fisika di jenjang SMP/MTs berorientasi pada pengembangan konsep dasar yang sudah dipelajari oleh siswa pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Share this :

0 Response to "Tujuan dan Lingkup Fisika di SMP"

Poskan Komentar