4 Manfaat Bertanam Cabe Merah Bagi Keluarga

4 Manfaat bertanam cabe merah bagi keluarga - Bertanam cabe merah di lahan yang luas, itu sudah menjadi hal yang lazim dilakukan. Apalagi bagi petani cabe profesional, memiliki modal cukup dan pengetahuan memadai. 

Bagaimana dengan anda yang bukan petani cabe dan tidak mempunyai lahan khusus untuk menanam cabe? Apakah tertutup peluang untuk menyalurkan hobi memelihara tanaman, khususnya tanaman cabe merah? Tentu saja, tidak.

Kalau memang hobi bertanam tanaman apalagi tanaman produktif, kondisi lahan terbatas sekalipun, tidak akan menjadi masalah. Bukan menjadi halangan untuk berkreasi dan menyalurkan hobi anda.

bertanam,cabe,pekarangan rumah
Pekarangan! Ya, pekarangan rumah dan sekitar rumah pantas anda lirik. Ini bisa menjadi alternatif pilihan. Jika ada bagian halaman depan, samping kiri-kanan, atau belakang rumah yang kosong dan tidak produktif. Nah, ini bisa dicoba memanfaatkannya. 

Bagi keluarga yang tidak mempunyai lahan perkebunan, memang tidak tertutup kemungkinan bertanam cabe merah di sekitar rumahnya. Ada cara yang dapat digunakan secara langsung di pekarangan depan, samping, atau bahkan belakang rumah. Namun ada pula yang menggunakan cara hidroponik. Budidaya tanaman menggunakan media air. 
Lahan sempit di belakang rumah dan tidak produktif dapat digunakan untuk bertanam cabe merah. Memanfaatkan lahan tersebut menjadi produktif merupakan langkah yang tepat. Mengapa? Pemanfaatan lahan sempit di belakang rumah untuk bertanam cabe merah, setidaknya memiliki 4 manfaat bagi keluarga:

(a). memenuhi kebutuhan keluarga akan kebutuhan cabai merah , baik untuk bumbu masak maupun sayuran. Apalagi saat ini harga cabai merah melonjak tinggi.
Baca juga : Ada Apa dengan Cabe Merah?
(b). dapat menghemat pengeluaran keluarga dimana dengan bertanam cabe akan mengirit pengeluaran uang untuk membeli cabe.

(c). melatih keluarga untuk berswasembada cabe merah, dapat memenuhi kebutuhan dapur akan cabe merah.

(d). dapat dijadikan laboratorium keluarga bagi anak-anak sekolah sehingga menjadi bahan praktikum. Anak sekolah dapat memanfaatkan tanaman cabe di lahan sempit, maupun hidroponik sebagai kegiatan praktikum kegiatan belajar biologi di rumah.

Itulah 4 manfaat bertanam cabe di sekitar rumah atau lahan sempit di sekitar pekarangan rumah. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "4 Manfaat Bertanam Cabe Merah Bagi Keluarga"

Poskan Komentar