Mengunjungi Wisata Sejarah Puncak Pato

Mengunjungi Wisata Sejarah Puncak Pato – Alam Indonesia dikaruniai dengan keindahan yang mempesona. Keluarga Indonesia dapat memilih dengan bebas tempat wisata yang ada disekitar termpat tinggal tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. 

Wisata kuliner, wisata olah raga maupun wisata sejarah. Wisata yang disebutkan terakhir mengandung nilai pendidikan sehingga cocok buat anak yang sedang mengikuti pendidikan.

Tidak terkecuali dengan keindahan alam yang terdapat di provinsi Sumaterat. Wilayah yang lebih dikenal dengan minang kabau,  memiliki keindahan alam yang patut dikunjungi dalam mengisi liburan lebaran. Banyak tempat menarik yang telah dikelola sebagai areal wisata alam di daerah ini.

Salah satu objek wisata yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah wisata sejarah Puncak Pato.  Berlokasi di kanagarian Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Atau sekitar 17 kilometer sebelah timur kota Batusangkar.

mengunjungi,objek wisata,sejarah

Objek wisata Puncak Pato mengandung nilai historis Minang Kabau. Maka tepatlah jika disebut sebagai wisata sejarah. Tempat ini dalam sejarah Minang Kabau dikenal sebagai Bukik Marapalam, tempat pencetusan Sumpah Satie Bukik Marapalam. 

Sebagai bukti sejarah terjadinya kesepakatan antara kaum adat dengan kaum agama. Disinilah awal mulanya pencetusan istilah “Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah”.

Area wisata sejarah Puncak Pato banyak di tumbuhi oleh pohon pinus, begitu pula tanaman palawija seperti tomat, terung dan cabe yang terdapat di sekitarnya. Hawanya sejuk karena berada di daerah ketinggian. 

Jika wisatawan memandang ke arah barat, nampak hamparan sawah dan bangunan rumah seperti kaca bertebaran jauh di bawah sana.

Share this :

7 Responses to "Mengunjungi Wisata Sejarah Puncak Pato"

  1. Balasan
    1. Benar, mbak...Selain nilai wisata juga ada nilai historisnya...

      Hapus
    2. tapi lokasinya jauh dari tempat saya

      Hapus
  2. saya jadi ingin juga pergi kesana mas sepertinya akan sangat menyennagkan jika bisa berkunjung ke tempat bersejarah .

    BalasHapus
  3. Setelah lebaran tempat wisata manapun jadi penuh dan jalanan jadi macet.. asik bisa liburan bersama keluarga :))

    BalasHapus
  4. wih mas uda habis liburan sama keluarga nih..
    kalo saya mah belum liburan soalnya jalan masih pada macet :)

    BalasHapus