Pelajaran Fisika SMP dan Permasalahannya

Pelajaran fisika smp dan permasalahannya – Barangkali tidak terlalu asing jika keberadaan mata pelajaran fisika, belum mendapat tempat terbaik di hati sebagian besar siswa SMP, bahkan siswa di jenjang SMU. 

Dari waktu ke waktu, siswa telah mengalami kesulitan serius dalam mempelajari ilmu fisika sekolah. Mencermati fenomena ini, akan diuraikan artikel ini secara berseri. Dimulai dari tema pelajaran fisika SMP dan permasalahannya.

Sering dijumpai, siswa mengeluh karena mata pelajaran eksakta ini dianggap sulit, di samping beberapa mata pelajaran lainnya. Bahkan ada yang menjadikan mata pelajaran fisika sebagai momok yang menakutkan(?). Baca juga: Mata Pelajaran Fisika Dianggap Sulit

pelajaran fisika,fisika smp,permasalahan

Kiranya cukup beralasan, mata pelajaran bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) ini kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Hanya siswa yang betul-betul berminat saja yang akan mau mendalaminya dengan serius. 

Tentu saja kenyataan ini sangat merisaukan, mengingat dewasa ini produk teknologi yang berkembang di tengah masyarakat adalah hasil dari ilmu fisika. Simak juga: Peranan Fisika dalam Perkembangan Teknologi

Siswa telah mengalami kesulitan belajar fisika. Hal ini berdampak langsung terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Indikatornya dapat diketahui melalui tes prestasi belajar siswa (TPB). Ketika diadakan ulangan harian, siswa sering mengalami kesulitan untuk mencapai ketuntasan belajar (mastery of learning), baik secara individual maupun klasikal.

Menurut ketentuan yang ada, siswa dikatakan tuntas belajar secara perorangan telah mencapai kriteri ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran. Atau secara klasikal telah mencapai sekitar 85 % telah mencapai target KKM. 

Apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fisika? Hal ini akan dibahas pada artikel berikutnya.

Share this :

8 Responses to "Pelajaran Fisika SMP dan Permasalahannya"

  1. Sebenarnya fisika sangat mudah asal yaharus benar-benarn suka dan jangan lupa sering-sering melakukan praktek atau belajar sendiri supaya lebih bisa memahami nya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, siswa harus menyukainya terlebih dulu. Kemudian sering membaca dan belajar mandiri serta melakukan praktik dalam pembelajaran...Terima kasih mas...

      Hapus
  2. pelajaran fisika sperti momok bagi siswa..
    nah kita tunggu bahasan solusinya

    BalasHapus
  3. memang dari dulu ya da menjadi momok dalam bisang pendidikan. saya juga dulunya menganggap fisika itu pelajaran yang memusingkan dan perlu dihindari....mungkin penerapan cara pembelajaran harus di rubah biar menarik dan tidak dianggap mengerikan lagi da...ok makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setuju mbah. Cara belajar siswa maupun pola guru mengajar perlu diubah menjadi lebih menarik...Terima kasih kembali, mbah..

      Hapus
  4. Inilah pelajaran yang BIKIN TAKUT kalo zaman sekolah dulu disamping MATEMATIKA..hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Icah. Namun karena perkembangan pengetahuan dan teknologi, kedua mata pelajaran tersebut perlu dipelajari lebih serius lagi...

      Hapus