Pelajaran Fisika SMP dan Permasalahannya

Pelajaran Fisika SMP dan Permasalahannya

banner
Pelajaran fisika smp dan permasalahannya – Barangkali tidak terlalu asing jika keberadaan mata pelajaran fisika, belum mendapat tempat terbaik di hati sebagian besar siswa SMP, bahkan siswa di jenjang SMU. 

pelajaran fisika,fisika smp,permasalahan

Dari waktu ke waktu, siswa telah mengalami kesulitan serius dalam mempelajari ilmu fisika sekolah. Mencermati fenomena ini, akan diuraikan artikel ini secara berseri. Dimulai dari tema pelajaran fisika SMP dan permasalahannya.

Sering dijumpai, siswa mengeluh karena mata pelajaran eksakta ini dianggap sulit, di samping beberapa mata pelajaran lainnya. Bahkan ada yang menjadikan mata pelajaran fisika sebagai momok yang menakutkan(?). 
Baca: Mata Pelajaran Fisika Dianggap Sulit
Kiranya cukup beralasan, mata pelajaran bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) ini kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Hanya siswa yang betul-betul berminat saja yang akan mau mendalaminya dengan serius. 

Tentu saja kenyataan ini sangat merisaukan, mengingat dewasa ini produk teknologi yang berkembang di tengah masyarakat adalah hasil dari ilmu fisika. 

Simak juga: Peranan Fisika dalam Perkembangan Teknologi
Siswa telah mengalami kesulitan belajar fisika. Hal ini berdampak langsung terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Indikatornya dapat diketahui melalui tes prestasi belajar siswa (TPB). Ketika diadakan ulangan harian, siswa sering mengalami kesulitan untuk mencapai ketuntasan belajar (mastery of learning), baik secara individual maupun klasikal.

Menurut ketentuan yang ada, siswa dikatakan tuntas belajar secara perorangan telah mencapai kriteri ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran. Atau secara klasikal telah mencapai sekitar 85 % telah mencapai target KKM. 

Apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fisika? Hal ini akan dibahas pada artikel berikutnya.

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.