Pentingnya Gerakan Hemat Energi Listrik

Pentingnya gerakan hemat energi listrik – Banyak sekali kegunaan energi listrik dalam kehidupan manusia. Listrik sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat dikatakan, tidak banyak yang dapat diperbuat oleh manusia tanpa adanya energi listrik.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini tak luput dari penggunaan energi listrik. Ini sudah diketahui semua orang sejak dulunya. Di bangku pendidikan, pelajaran tentang listrik sudah diperkenalkan lebih detail pada siswa sejak kelas IX jenjang SMP/Sederajat. 

Pelajaran ini tidak hanya membahas tentang seluk beluk listrik dinamis melainkan juga bagaimana penggunaan sumberdaya listrik di rumah tangga.

gerakan,hemat,listrik

Sasaran utama pelajaran energi listrik adalah bagaimana siswa menggunakan energi listrik secara benar di rumah masing-masing. Rupanya akhir-akhir ini, energi listrik bukanlah sumberdaya yang bebas dipakai dan mudah didapat. 

Ketersediaan energi listrik semakin terbatas karena penggunanya juga semakin bertambah dari hari-hari ke hari. Inilah yang melatarbelakangi mengapa pentingnya sebuah gerakan untuk menghemat energi listrik yang dimulai dari setiap rumah tangga pengguna energi listrik.

Hemat listrik bukan berarti pelit dengan listrik, atau membatasi penggunaan energi listrik di rumah tangga. Hemat listrik berarti menggunakan energi listrik dengan bijaksana dan sesuai kebutuhan. Energi listrik digunakan menganut prinsip dimana dan kapan perlu saja.

Gunakan energi listrik dimana perlu saja. Ini menyangkut konsep pemasangan alat-alat listrik di rumah tangga. Sedangkan kapan perlu saja berkaitan dengan efesiensi penggunaan alat listrik yang dibutuhkan.

Gerakan hemat energi listrik di mulai dari rumah tangga. Anggota keluarga bertanggung jawab atas penggunaan energi listrik. Sementara itu kedua orang tua perlu arif dan bijaksana dalam mengelola penggunaan listrik sehingga tagihan listrik dapat dibayarkan secara efektif dan wajar. 

Bagaimana tips menghemat penggunaan energi listrik di rumah tangga? Akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Share this :

0 Response to "Pentingnya Gerakan Hemat Energi Listrik"

Poskan Komentar