5 Tip Agar Bersemangat Belajar Setelah Lebaran

5 Tips agar bersemangat belajar setelah lebaran – Suasana lebaran memang sangat menyenangkan. Apalagi sebelumnya telah didahului oleh liburan sekolah yang cukup panjang. Namun di balik semua itu, liburan panjang sangat berpotensi membuat siswa malas untuk belajar. Kurang bersemangat memulai belajar di hari pertama sekolah.

Ada semacam pemikiran bahwa proses yang sedang berlangsung sangat dipengaruhi oleh bagaimana seseorang memulai proses itu pertama kalinya. Permulaan yang baik akan menentukan bagaimana langkah proses berikutnya. 

Begitu pula halnya dengan kegiatan belajar di sekolah. Memulai kegiatan belajar dengan semangat yang tinggi akan menentukan proses dan hasil belajar yang akan diraih oleh siswa.

Baca kembali: Tips Agar Bersemangat Belajar

tips,bersemangat,belajar

Hari pertama belajar di sekolah setelah lebaran perlu dimulai dengan semangat dan persiapan yang memadai. Semangat yang tinggi dan persiapan pisik serta mental yang baik. Nah, agar bersemangat belajar setelah lebaran dan liburan panjang, ikuti tips berikut ini:

1.Niat dan tekad

Tahun pelajaran baru dimulai setelah lebaran. Ini adalah momen yang tepat untuk memperbaharui niat dan tekad untuk belajar lebih baik dari tahun sebelumnya. Permulaan yang baik akan menentukan proses dan hasil lebih baik. Begitu kata orang bijak.

2.Datang lebih awal ke sekolah

Usahakan datang lebih cepat atau lebih awal di hari pertama sekolah. Siswa memiliki waktu lebih banyak untuk menikmati suasana sekolah yang sudah lama ditinggalkan. Adakah yang sudah berubah dengan lingkungan sekolah setelah ditinggalkan beberapa hari ketika liburan? 

Mungkin ada. Lingkungan sekolah terasa seakan baru pertama kali dilihat sehingga membuat siswa bersemangat untuk memulai belajar di hari pertama sekolah. Jika memang demikian maka jangan lalai untuk datang lebih cepat di hari pertama sekolah.

3.Hilangkan kesan di pikiran bahwa hari pertama tidak belajar

Sering siswa beranggapan kalau hari pertama sekolah tidak akan berlangsung proses belajar. Akibatnya ada siswa yang malas datang atau sengaja datang terlambat ke sekolah. Bahkan kalau pun datang tetapi mereka keluyuran kemana-mana.

Hilangkan anggapan keliru tersebut. Hari pertama menentukan hari berikutnya. Manfaatkan hari pertama sekolah dengan menciptakan momentum menyenangkan di sekolah.

4.Bersilaturrahmi dengan kawan

Hari pertama sekolah adalah kesempatan pertama untuk bersilaturrahmi dengan teman. Mengenal siapa saja teman sekelas di kelas yang baru setelah naik kelas. Selama liburan tidak berjumpa dengan kawan-kawan dan rasa kangen dengan teman maupun guru menjadi pemicu semangat untuk datang pada hari pertama sekolah.

Tentunya bersilaturrahmi dengan siswa baru di sekolah sangat menyenangkan. tunjukkan kepada adik kelas baru sikap persahabatan dan menyenangkan. 

5.Siapkan perlengkapan belajar yang dibutuhkan

Segala perlengkapan belajar yang dibutuhkan sudah dipersiapkan sebelum hari pertama belajar. Ketika memulai belajar di hari pertama, siswa tidak lagi mencari peralatan belajar yang dibutuhkan. Siswa fokus untuk mulai belajar. Segala perlengkapan belajar seperti buku dan alat tulis lainya sudah disiapkan. 

Persiapan peralatan belajar ini sebelum mulai belajar menjadi bukti keseriusan siswa untuk memulai belajar dengan semangat baru. 

Simak kembali: Mempersiapkan Peralatan Sekolah Anak
Itulah 5 tips agar siswa bersemangat belajar di hari pertama sekolah setelah lebaran atau liburan panjang. Siswa perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Baik persiapan dari segi pisik maupun psikis serta datang lebih awal ke sekolah sebagai bukti keseriusan siswa untuk memulai kegiatan belajar di sekolah dengan baik. 

0 Response to "5 Tip Agar Bersemangat Belajar Setelah Lebaran"

Posting Komentar