3 Tips Ringan Persiapan Belajar Pasca Lebaran

3 Tips Ringan Persiapan Belajar Pasca Lebaran

3 Tips ringan persiapan belajar pasca lebaran – Hari pertama sekolah (HPS) tahun pelajaran ini akan dimulai beberapa hari setelah bulan ramadan. Namun demikian para siswa perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan kegiatan belajar tersebut.

tips,cara,belajar
Illustrasi : Persiapan belajar pasca lebaran (pixabay.com)

Bagi siswa baru, HPS diisi dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Pembelajaran akan berlangsung efektif minggu berikutnya. Dengan demikian siswa memiliki banyak waktu untuk berbenah diri menghadapi tahun pelajaran baru ini dengan baik.

Banyak orang berasumsi, segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik, akan mengantarkan sesorang untuk mencapai hasil yang baik pula. Tentu saja asumsi ini cukup beralasan. 

Persiapan yang baik untuk belajar pasca ramadan, akan memberi peluang kepada siswa untuk belajar menjadi lebih baik. Cara belajar siswa menjadi lebih bagus setelah menjalani ibadah puasa pada bulan ramadan.

Lalu bagaimana mempersiapkan belajar setelah bulan ramadhan? Berikut tips ringan untuk para siswa semua:

1.Berniat

Hasil belajar yang diraih siswa tergantung pada niat dan usaha yang dilakukan. Oleh sebab itu, pasang niat untuk belajar dengan baik. Agar prestasi belajar lebih meningkat dari tahun pelajaran sebelumnya. 

Kemudian segera memperbaiki kebiasaan belajar keliru, meningkatkan porsi belajar, memperbanyak alokasi waktu untuk membaca buku sumber belajar, dan lain sebagainya. Sebaliknya berniat mengurangi porsi waktu untuk bermain-main tak menentu.

2.Semangat

Semangat belajar bagi siswa sangat menentukan bagaimana aktivitas siswa selama proses belajar. Dengan niat yang sungguh-sungguh dan semangat belajar yang membara akan mengantarkan siswa untuk meraih prestasi belajar yang diinginkan.

Yang pasti, tahun pelajaran baru bertepatan sesudah lebaran, akan menciptakan nuansa serba baru di sekolah. Duduk di kelas baru, teman baru, seragam baru dan yang tak kalah penting adalah semangat baru.

3.Persiapan fisik

Yang tak kalah penting setelah niat dan semangat belajar adalah persiapan yang bersifat fisik. Persiapan fisik menyangkut peralatan dan perlengkapan sekolah. Peralatan sekolah antara lain; buku catatan untuk pelajaran, alat tulis dan alat lainnya yang diperlukan. 

Begitu pula perlengkapan lainnya, seperti; tas sekolah, seragam sekolah, sepatu dan kaos kaki, dan perlengkapan lainnya. Semua itu harus dipersiapkan dengan baik agar tidak mengganggu kenyamanan di awal-awal hari sekolah.

Demikianlah 3 tips rinagn untuk anda sebagai persiapan utama untuk belajar pasca bulan puasa ramadan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Posting Komentar