Agar Sukses Belajar, Gunakan Prinsip Ini

Agar sukses belajar, gunakan prinsip ini – So pasti, setiap siswa berkeinginan untuk sukses dalam belajar. Meraih prestasi belajar yang memuaskan di sekolah. Membuat diri jadi senang, bahagia dan mendatangkan kebanggaan bagi kedua orang tua tercinta.

Namun keinginan itu, kadang-kadang tidak diiringi dengan usaha yang memadai. Atau tidak menguasai bagaimana cara belajar yang baik. Belajar tidak menggunakan pola tertentu yang mengantarkan siswa berhasil dalam belajar. Sehingga semua keinginan hanya tinggal keinginan belaka. Baca juga: Tips dan Cara Belajar yang Baik

prinsip,sukses,belajar

Prestasi belajar tidak akan datang dengan mudah. Ada persaingan antar siswa dalam merebut prestasi. Siswa yang menguasai cara belajar efektif akan mampu menghantarkan dirinya untuk berprestasi akademik di sekolah. 

Tentang cara belajar efektif ini sudah banyak dibahas di media internet ini. Simak kembali: Tips Belajar Paling Efektif

Selain menguasai cara belajar, siswa juga perlu memahami prinsip-prinsip belajar. Cara dan prinsip merupakan dua kata yang berbeda pengertiannya. Cara menyangkut penerapan konsep atau prinsip sebuah teori belajar. 

Sedangkan prinsip berkaitan dengan strategi atau pendekatan belajar yang dilakukan oleh siswa untuk meraih hasil belajar secara optimal. Nah, kali ini akan dibahas salah satu prinsip belajar yang dianggap paling jitu untuk meraih prestasi belajar.

Prinsip 3 x 1 lebih baik daripada 1 x 3

Rumusan ini mirip dengan sifat distributif perkalian dalam pelajaran matematika. Hasil perkalian kedua ruas adalah sama, yaitu 3. Namun ini tidak demikian dalam proses belajar siswa di sekolah maupun rumah. Mengapa?

Prinsip 3 x 1 artinya, belajar 3 kali dalam 1 jam lebih bagus hasilnya dari pada belajar 1 kali dalam 3 jam. Belajar 3 kali dalam satu jam menunjukkan frekuensi belajar yang lebih banyak. Semakin banyak belajar semakin paham dengan apa yang dipelajari. Setuju? Setuju aja deh…

Prinsip 1 x 3 mengandung makna belajar hanya 1 kali dalam rentang waktu 3 jam. Frekuensi belajar sangat kecil. Siswa belajar hanya sekali-sekali, dan kalau belajar lebih cenderung untuk memborong mempelajari materi pelajaran. 

Paling banter belajarnya kalau ada ulangan di sekolah. Resikonya, prinsip belajar ini akan mendatangkan kebosanan belajar.

Terampil membagi waktu

Untuk menerapkan prinsip belajar ini, siswa harus mahir membagi waktu antara belajar, bermain, istirahat dan membantu orang tua. Harus mempunyai skedul belajar yang tertuang dalam buku agenda harian siswa. 

Pengaturan waktu yang sangat penting adalah ketika berada di rumah. Bagaimana pun, waktu siswa berada bersama keluarga lebih panjang dibanding dengan waktu berada di sekolah. Jangan lupa simak: Tips Agar Siswa Terampil Membagi Waktu

Nah, agas siswa berhasil dalam meraih prestasi belajar, cobalah gunakan prinsip belajar 3 x 1 jam lebih baik dari 1 kali 3 jam. Semoga sukses.

Share this :

0 Response to "Agar Sukses Belajar, Gunakan Prinsip Ini"

Poskan Komentar