Fasilitas Penting di Ruang Redaksi Blog

Fasilitas Penting di Ruang Redaksi Blog

Fasilitas penting di ruang redaksi blog – Sebenarnya untuk melakukan kegiatan ngeblog tidak memerlukan ruang khusus atau ruang redaksi. 

Dimana pun tempatnya bisa melakkukan blogging asal memiliki PC atau laptop disertai jaringan internet. Di ruang terbuka luar rumah, di kamar tidur, dapur, atau dimana saja. Barangkali yang tak mungkin dilakukan kegiatan ngeblog di kamar mandi…hehehe.

Menyediakan ruang redaksi untuk kegiatan bloging, mungkin lebih baik. Dikatakan lebih baik karena blogger bisa lebih memusatkan perhatian.  Bebas dari gangguan atau hambatan orang-orang di dalam rumah. Boleh jadi, lebih terkesan profesional! Mungkin saja! Cobak simak juga: Dari Dapur Redaksi Matra Pendidikan

dapur,redaksi,matra,pendidikan

Jika seorang blogger bekerja pada ruang redkasi khusus, ada beberapa fasilitas pendukung yang perlu disediakan. Fasilitas atau perlengkapan yang tak kalah penting disediakan di ruang redaksi, antara lain:

1.Unit komputer/laptop dan jaringan listrik

Jika menyediakan ruang redaksi untuk kegiatan ngeblog, maka ruangan perlu dilengkapi dengan jaringan listrik permanen agar aman dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, instalasi listrik permanen akan memudahkan pemasangan plugin pada perangkat komputer atau laptop.

2.Jaringan internet

Jaringan internet minimal menggunakan fasilitas modem. Tentu saja harus memiliki kartu operator selluler dan kuota pulsa yang cukup untuk melakukan kegiatan ngeblog.

3.Berbagai buku sumber

Sebagai referensi atau rujukan artikel semestinya juga dilengkapi dengan buku sumber di ruang redaksi. Gunanya untuk mendukung data dan informasi yang berkaitan dengan artikel yang ditulis. Tentu saja buku sumber yang berkaitan dengan tema blog yang digarap.

4.Kalender masehi

Kalender dinding atau meja merupakan fasilitas tambahan yang penting artinya, apalagi bagi publisher adsense. Membantu blogger untuk merencanakan dan merancang artikel. Dapat juga digunakan sebagai skedul kegiatan ngeblog. Kalender masehi ini pada gilirannya akan penuh dengan catatan penting tentang sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan ngeblog.

5.Secangkir kopi

Kopi menjadi benda yang harus ada di meja komputer bagi sebagian blogger. Bagi yang tidak suka kopi, tentu diganti dengan minuman lain seperti teh, susu, dan lain sebagainya. Lepas dari pro dan kontra, secangkir kopi dapat menjadi teman setia dan pelancar ide dalam menulis artikel.

6.Rokok dan asbak

Mungkin ini khusus buat blogger pria yang perokok. Rokok bukan mustahil menjadi pelancar ide. Asbak digunakan untuk menampung abu rokok agar tidak berserakan di lantai atau di meja komputer. 

Rupanya ruang redaksi perlu juga di jaga kebersihan dan keindahannya. Biar betah berlama-lama duduk di ruang redaksi.

7.Ventilasi dan pencahayaan

Ini merupakan hal penting agar kegiatan ngeblog menjadi lebih nyaman. Ventilasi ruang redaksi bertujuan untuk mengatur sirkulasi udara. Bagi blogger perokok, ventilasi ini sangat penting artinya biar tidak lemas menghirup asap rokok sendiri.

Sistem pencahayaan perlu ditata sedemikian rupa. Ruang redaksi perlu mendapat cahaya yang cukup agar mata tidak perih. Pencahayaan berasal dari cahaya dari luar kamar melalui kaca jendela dan pencahayaan dari listrik ketika malam hari. 

Gunakan penerangan yang memadai. Harus lebih terang dari cahaya layar komputer agar mata tidak sakit ketika menatap layar komputer/laptop.

Demikian 7 fasilitas yang ada di ruang redaksi blog. Fasilitas itu tidak mutlak. Bisa saja fasilitas itu lebih banyak dan komplit. Tergantung pada kondisi masing-masing blogger.

Posting Komentar