Fasilitas Penting di Ruang Redaksi Blog

Fasilitas penting di ruang redaksi blog – Sebenarnya untuk melakukan kegiatan ngeblog tidak memerlukan ruang khusus atau ruang redaksi. 

Dimana pun tempatnya bisa melakkukan blogging asal memiliki PC atau laptop disertai jaringan internet. Di ruang terbuka luar rumah, di kamar tidur, dapur, atau dimana saja. Barangkali yang tak mungkin dilakukan kegiatan ngeblog di kamar mandi…hehehe.

Menyediakan ruang redaksi untuk kegiatan bloging, mungkin lebih baik. Dikatakan lebih baik karena blogger bisa lebih memusatkan perhatian.  Bebas dari gangguan atau hambatan orang-orang di dalam rumah. Boleh jadi, lebih terkesan profesional! Mungkin saja! Cobak simak juga: Dari Dapur Redaksi Matra Pendidikan

dapur,redaksi,matra,pendidikan

Jika seorang blogger bekerja pada ruang redkasi khusus, ada beberapa fasilitas pendukung yang perlu disediakan. Fasilitas atau perlengkapan yang tak kalah penting disediakan di ruang redaksi, antara lain:

1.Unit komputer/laptop dan jaringan listrik

Jika menyediakan ruang redaksi untuk kegiatan ngeblog, maka ruangan perlu dilengkapi dengan jaringan listrik permanen agar aman dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, instalasi listrik permanen akan memudahkan pemasangan plugin pada perangkat komputer atau laptop.

2.Jaringan internet

Jaringan internet minimal menggunakan fasilitas modem. Tentu saja harus memiliki kartu operator selluler dan kuota pulsa yang cukup untuk melakukan kegiatan ngeblog.

3.Berbagai buku sumber

Sebagai referensi atau rujukan artikel semestinya juga dilengkapi dengan buku sumber di ruang redaksi. Gunanya untuk mendukung data dan informasi yang berkaitan dengan artikel yang ditulis. Tentu saja buku sumber yang berkaitan dengan tema blog yang digarap.

4.Kalender masehi

Kalender dinding atau meja merupakan fasilitas tambahan yang penting artinya, apalagi bagi publisher adsense. Membantu blogger untuk merencanakan dan merancang artikel. Dapat juga digunakan sebagai skedul kegiatan ngeblog. Kalender masehi ini pada gilirannya akan penuh dengan catatan penting tentang sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan ngeblog.

5.Secangkir kopi

Kopi menjadi benda yang harus ada di meja komputer bagi sebagian blogger. Bagi yang tidak suka kopi, tentu diganti dengan minuman lain seperti teh, susu, dan lain sebagainya. Lepas dari pro dan kontra, secangkir kopi dapat menjadi teman setia dan pelancar ide dalam menulis artikel.

6.Rokok dan asbak

Mungkin ini khusus buat blogger pria yang perokok. Rokok bukan mustahil menjadi pelancar ide. Asbak digunakan untuk menampung abu rokok agar tidak berserakan di lantai atau di meja komputer. 

Rupanya ruang redaksi perlu juga di jaga kebersihan dan keindahannya. Biar betah berlama-lama duduk di ruang redaksi.

7.Ventilasi dan pencahayaan

Ini merupakan hal penting agar kegiatan ngeblog menjadi lebih nyaman. Ventilasi ruang redaksi bertujuan untuk mengatur sirkulasi udara. Bagi blogger perokok, ventilasi ini sangat penting artinya biar tidak lemas menghirup asap rokok sendiri.

Sistem pencahayaan perlu ditata sedemikian rupa. Ruang redaksi perlu mendapat cahaya yang cukup agar mata tidak perih. Pencahayaan berasal dari cahaya dari luar kamar melalui kaca jendela dan pencahayaan dari listrik ketika malam hari. 

Gunakan penerangan yang memadai. Harus lebih terang dari cahaya layar komputer agar mata tidak sakit ketika menatap layar komputer/laptop.

Demikian 7 fasilitas yang ada di ruang redaksi blog. Fasilitas itu tidak mutlak. Bisa saja fasilitas itu lebih banyak dan komplit. Tergantung pada kondisi masing-masing blogger.

Share this :

50 Responses to "Fasilitas Penting di Ruang Redaksi Blog"

  1. rokoknya disensor aja tuh haha :D kea di tv-tv gituh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, udah terlanjur mas Denny...hehehe.

      Hapus
    2. hha tapi mbok ya senyum toh pak kalau di foto jangan tegang gitu :D

      Hapus
    3. Saya terpocus dengan Segelas kopi nya, Boleh nyruput dikit saya Pak? hehhe :D =D

      Hapus
    4. wah kalau begitu gue mau juga deh

      Hapus
  2. Nah yang paling saya suka adalah Rokok + kopi nya jangan ditinggalkan pak, nanti bisa ketiduran, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, memang susah ninggalinnya, mas Purnama...Tanpa dua hal ini jadi malas duduk di depan komputer. Ya, benar koq mas...hikz...hikz...hikz...

      Hapus
    2. Ngeblog tanpa kopi dan rokok,?.... waduh... ndak kuaaaaat, :)

      Hapus
    3. Roko sama Kopi nya di samber Mas Pur? Lalu saya dapat apa nya dong?

      Hapus
    4. Jangan khawatir, mas Saud. Masih banyak stok mas Isrofi koq...hehehe.

      Hapus
  3. saya kurang sreg sama rokok pak, karena rokok kan gak baik untuk kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu mas Zein masih beruntung tidak terlanjur kecanduan merokok...

      Hapus
  4. Keren tuh pak, ruang redaksinya, ndak kaya ruang saya berantakan, kemungkinan kalau rung tertata dengan rapi mood untuk buat artikel juga nyaman ya pak Uda,?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantean Blog Pak Uda selalu terupdate setiap hari nya ya Mas Isrofi? Pantesan aja Ruang Redaksinya nyaman, dan bisa membuat kerasan berlama lama di Ruang tersebut ya Pak :)

      Hapus
    2. Itu sekaligus difungsikan sebagai ruang kerja di rumah, mas. Jadi tidak hanya untuk ngeblog. Kadang-kadang memeriksa pekerjaan siswa juga disini dikerjakan. Multi fungsi jadinya...

      Hapus
  5. Keren Pak Ruang Redaksi Blog nya. saya terkesima dengan Tampang Bapak Uda Awak ternyata Masih Muda dan Keren gituh hehhe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren ruang redaksi blognya dan keren juga orangnya...yang jelas bisa menginspirasi untuk lebih serius bloggingnya da...makasih

      Hapus
  6. itu fasilitas buat cowo ya mas uda buat cewe bukan rokok samakopi ya mas :) paling cemilan sama air putih aja kan mas uda hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin 5 dan 6 bisa jadi tidak berlaku untuk bloggerwati, mbak.

      Hapus
  7. fasilitasnya lengkap dan nyaman uda,

    kalo saya yang penting tersedia kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip... mas Wong...Kopi kayaknya merangsang sel saraf untuk memunculkan ide menulis, mas...

      Hapus
    2. lagi ngopi neh, sambil ngeblog tengah malem :)

      Hapus
  8. wah lengkap juga ya mas ruangan redaksi nge-blognya
    kalau begitu sih semangat terus nge-blognya dan kayaknya banyak inspirasi mengalir dan bisa dijadikan bahan posting...kayaknya boleh juga mulai membangun ruang sendiri untuk blogging dan mulai membuat suatu yang nyaman untuk aktifitas tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Mbah. Pada mulanya dibangun, direncanakan hanya untuk ruang kerja sehari-hari di rumah, mbak. Anak kami kan banyak. Agar tidak terganggu oleh mereka disaat mengerjakan tugas-tugas berkaitan dengan tugas guru. Akhirnya menjadi multi fungsi...

      Hapus
  9. wah kalau mas-mas tidak lepas dari rokok ya.. kalau bisa dikurangi saja mas rokoknya, lebih baik banyak minum air putih.. (maaf kalau perhatian - karena saya peduli dan tidak ingin melihat teman-teman ngeblog saya sakit karea rokok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Uda perokok juga kaya saya

      Hapus
    2. Terima kasih atas perhatiannya, buk. Mudah-mudahan dapat dikurangi mengingat kondisi umur juga semakin menuju tua. Saya perokok berat dari usia sekolah sampai sekarang.

      Jangan-jangan mas Saud ketularan dari saya. Sama-sama perokok...hehehe.

      Hapus
    3. kalo saya ga ngerokok nanti saya jadi males kerja, sebenarnya berhenti merokok itu sangat menyiksa sekali. rada ada yang kurang gtu di lidah kalo ga ngerokok teh, gimana dong??

      Hapus
    4. Sesuai selera masing-masing kayaknya, mas. Boleh teh, kopi, kopi susu, atau air putih saja. Yang penting tetap semangat ya enggak mas Hendri?

      Hapus
    5. saya setuju mas uda, mungkin suatu saat nanti kita bisa menghentikan rokok yah..

      Hapus
  10. Malam Pak Uda masih Asyik di Ruang redaksi nih ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah siang koq mas...hehehe. Oh ya, duduk di ruang redaksi kadang bukannya ngeblog, mas. Buat perangkat mengajar dan mengolah nilai siswa juga mas Saud...

      Hapus
  11. kopi memang harus selalu ada ya pak biar melek dan tentunya biar lebih semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Hendri. Saya termasuk 'coffee maniac', mas...

      Hapus
    2. gpp mas, yang penting aktivitas blogging happy ngopi juga :)

      Hapus
  12. kopi ashbak tidak tidak bisa di lepas ya mas. hehehehe
    kalao saya jaringan 1 dan 2 aja dan 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana ada rokok disitu harus ada asbak, mas...hehehehe.

      Hapus
    2. brarti kalo kopi pilihan aja ya. atau sama juga mas trio tidak bisa dipisahkan. hehehehe

      Hapus
  13. Malam Pak Uda masih Asyik di Ruang redaksi nih ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore, mas Saud... Lagi asyik ngopi aja mas...heheh. Mas Saud ikut?

      Hapus
  14. Saya sangat salut dan kagum dengan fasilitas menulis (blogging) yang digambarkan dalam foto yang apik milik Uda Awak yang tampan ini. Ruangan redaksi Blogging Post nya luar biasa nyamannya kalau saya liat. Ruangan impian para blogger tentunya

    Semoga dengan fasilitas yang nyaman dan tenang dan didukung dengan fasilitas yang lengka ini saya yakin Uda Awak lebih bersemangat dalam berbagi buat sesama dengan tulisannya. Sumber inspirasi bagi para blogger lainnya yang masih terkendala baik sarana dan prasarananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih mas Asep. Mudah-mudahan saja mas. Tetap semangat bertugas rutin dan tugas tambahan ngeblog...Namun diyakini juga, pasti banyak teman lain yang lebih komprehensif ruang redaksi bloggingnya, mas Asep.

      Hapus
  15. Ruang ngeblog di desain senyaman mungkin ya pak... Apalagi fasilitasnya komplit, jadi betah ngeblognya...

    BalasHapus
  16. kalau saya untuk buku sumber belum ada pak, masih mengandalkan informasi diinternet saja. akan saya coba kedepan untuk melengkapinya. karena materi dari buku tentu lebih teruji. Kalender masehi juga belum ada, hanya ngandalkan kalender di kom saja :). poin nomor 6 saya juga tidak. secangkir kopi saya ganti saja ke secangkir teh. Ventilasi pencahayaan saya kira sangat perlu diperhatikan oleh seorang blogger, agar udara terasa segar. makasih tipsnya pak guru

    BalasHapus
  17. Wkwkw kalau saya mah yang penting seger dan ada kipas angin nya pak. Sukur-sukur ada AC wkwkwk. Tapi, kalau ada kopi mantep juga tuh Pak.

    BalasHapus
  18. kalo aku sih tambahan nya suka ada hp sama cemilan di sebelah meja komputerku jadi kalo pas lagi blogwalking sambil ngemil makanan kan mantap

    BalasHapus
  19. Wah boleh juga nioh, kalo gitu ntar saya ikutan nyiapin ginian juga di ruang redaksi blog saya deh :)

    BalasHapus
  20. dengan ruangan yang isinya lengkap sangat mendukung untuk membuat artikel atau blog yang berkualitas juga, mantab mas ruang redaksi blog nya

    BalasHapus