Kelainan pada Organ Reproduksi Manusia

Kelainan organ reproduksi manusia – Dalam dunia medis, istilah ‘kelainan’ cenderung disebut sebagai ‘penyakit. Namun dalam disiplin keilmuan pendidikan di sekolah, khususnya ilmu biologi lebih sering disebut sebagai kelainan atau gangguan pada organ reproduksi.

Organ reproduksi adalah alat-alat kelamin pada manusia yang berkaitan dengan proses perkembangbiakan manusia. Artikel pendidikan kali ini merupakan seri pengembangan materi pelajaran IPA Biologi di kelas IX SMP/MTs pada konsep sistem reprodukasi manusia. 

Dengan membaca pembahasan ini diharapkan siswa terbantu dalam menguasai pelajaran IPA Biologi. Selanjutnya simak juga: Sistem Reproduksi Manusia

Kelainan atau gangguan pada organ reproduksi manusia pada umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus. Ada 3 jenis kelainan/gangguan utama pada organ perkembangbiakan manusia:


organ,reproduksi,kelainan

1.Sifilis

Gangguan organ reproduksi oleh bakteri treponema pallium akan menyebabkan sifilis. Hal ini disebabkan oleh hubungan seksual, luka mikroskopis, tranfusi darah. Tanda-tanda sifilis antara lain; luka pada alat kelamin, rektum, lidah dan bibir. 

Pembengkakan getah bening pada bagian paha , bercak-bercak di seluruh tubuh, tulang dan sendi terasa nyeri, ruam pada tangan dan telapak kaki.

2.Gonore

Bakteri Neisseria gonorrheae menyebabkan gangguan gonore. Hal ini dapat disebabkan oleh  prilaku sek bebas dan menyimpang. Gejala gonore ditandai dengan keluarnya cairan putih dan nyeri saat buang air kecil. 

Bakteri penyebab kelainan ini dapat menyebar ke seluruh tubuh.

3.Herpes genetalis

Kelainan herpes genetalis disebabkan oleh virus herpes simpleks yang ditandai dengan rasa gatal atau sakit di sekitar daerah kelamin. Kemudian adanya luka terbuka atau lepuhan berair.

Jelaslah bagi kita, organ reproduksi perlu dipelihara kesehatannya dengan baik. Memelihara kesehatan tentu lebih baik ketimbang mengobatinya. 

Salah satu cara memelihara kesehatannya adalah tidak melakukan perbuatan menyimpang atau perilaku seks bebas. 

Share this :

14 Responses to "Kelainan pada Organ Reproduksi Manusia"

  1. kalo masalh virus begitu sangat menakutkan T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Apalagi yang namanya virus itu bersifat menular...

      Hapus
  2. kenapa nangka jadi modelnya uda :)

    penyakit serem semua itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar tidak kena getahnya mas, iya ndak Pak Uda, he..he..

      Hapus
    2. Kehabisan gambar pendukung tentang penyakit serem itu, mas Wong...hehehe.

      Iya, boleh jadi begitu mas Rofi...hehehe...

      Hapus
  3. ngeri banget deh kalau sudah denger virus atau kelainan di organ reproduksi kita :(
    semoga tidak terkena penyakit tersebut ya mas uda amiiin :)
    mas nangka nya masih mentah udah di ambil hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul-betul mengerikan, mbak Ipah.

      Oh, nangka mudanya buat lontong sayur, mbak. Di daerah saya namanya lontong gulai nangka...

      Hapus
  4. Penyakit seksual kebanyakan disebabkan karena perilaku seks yang menyimpang maupun sek bebas, jangan sampai deh kita kena penyakit yang begituan ya Mas Uda, apalagi dengan anak-ank kita, perlu dibekali dengan pengetahuan agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebbas. Sangat bermanfaat sekali Mas Uda artikelnya, memberi pencerahan pada anak-anak muda agar tidak melakukan seks bebas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas Rofi. Selain sebagai materi pelajaran juga sebagai usaha untuk ajakan untuk tidak terjerumus pada perilaku seks bebas dan menyimpang yang dikaitkan dengan resikonya....

      Hapus
  5. Paling kayaknya klo ngomongin penyakit...mudah-mudahan kita semua sehat ya uda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Wahab. Mudah-mudahan kita semua sehat wal'afiat saja.

      Hapus
  6. SAYA SUKA PEMAPARAN GAMBARNYA PAK, MELAMBANGKAN UNTUK KITA SEMUA AGAR BISA MENJAGA DIRI JADI TIDAK KENA GETAH DARI PENYAKIT REPORODUKSI YANG BERBAHAYA INI

    BalasHapus
  7. ih serem,semoga kt tdk trmasuk didalamnya,

    BalasHapus