Ngantuk Saat Belajar Coba Cara Ini

Ngantuk Saat belajar coba cara ini - Ngantuk saat belajar di sekolah? Itu hal yang lumrah dan wajar. 

Apalagi ketika cuaca panas dan terasa gerah, pembelajaran tidak menarik, atau hal lain yang merangsang timbulnya perasaan ingin tidur. Lho? Kok bisa dikatakan lumrah dan wajar?

Ya, iyalah…Hampir semua orang akan merasakan kantuk. Rasa kantuk muncul saat bekerja, duduk nonton televisi, dan bekerja apa saja yang banyak memerlukan duduk. 

Tidak terkecuali ngantuk saat mengikuti pelajaran di sekolah.

ngantuk,ketika,belajar

Nah, mungkin tidak lumrah atau tidak wajar jika rasa ngantuk itu selalu muncul setiap mau belajar di sekolah. Bahkan rasa kantuk yang menyerang terlalu berlebihan sehingga aktivitas belajar jadi terganggu. Pasti ada sesuatu yang kurang beres dengan kesehatan fisik maupun psikologis.

Pembelajaran tidak akan dihentikan
Jika ada siswa mengantuk saat belajar, maka pembelajaran di ruang kelas tak akan dihentikan oleh guru. Kecuali mungkin, jika guru juga merasa ngantuk yang luar biasa saat mengajar. Ini jarang terjadi.

Kita belum pernah mendengar, proses belajar dan mengajar disetop atau dihentikan gara-gara siswanya pada ngantuk. Juga jarang terdengar, guru menyuruh siswanya istirahat, ngobrol sama teman sambil minum kopi, gara-gara siswa diserang rasa ngantuk berat. Belum pernah!


Coba deh Cara Ini
Jika siswa merasa ngantuk saat belajar, maka siswa yang bersangkutanlah yang berusaha menepis rasa kantuknya dengan berbagai cara. Terlepas dari penyebab rasa kantuk, berikut ini disajikan cara ringan sebagai usaha mengurangi rasa kantuk saat belajar di sekolah.

1.Minta izin meninggalkan kelas

Jika rasa kantuk mulai terasa menyerang, segeralah minta permisi meninggalkan kelas. Banyak yang bisa dilakukan. Mencuci muka, mengunyah permen, berolah raga ringan menggerakkan anggota tubuh sekitar 5 sampai 10 menit. 

Kalau malu diliat teman lain, carilah tempat tersembunyi seperti di belakang sekolah. Jika mentari sedang bersinar maka usahakan juga berjemur di tengah sinar matahari.

2.Jangan terlalu pasif dalam belajar

Usahakan untuk aktif dalam belajar di kelas. Siswa yang diam saja sejak awal sampai akhir pelajaran cenderung diserang kantuk. Bertanya kepada guru atau menjawab pertanyaan dari guru akan memacu adrenalin. Begitu pula untuk menulis ke papan tulis jika disuruh guru.

3.Gerakan ringan ketika duduk di kursi

Saat terasa mengantuk, lakukan gerakan ini. Pandangan tetap ke depan, ke arah guru menerangkan pelajaran. Tangan kiri dan kanan tarik ke belakang kursi sehingga ke dua tangan berpegangan di belakang kursi. Lalu tarik badan ke depan sehingga tangan teregang namun jangan di lepaskan.

Ini bisa dilakukan diam-diam tanpa mengundang perhatian guru dan teman-teman. Jika sempat mengundang perhatian, niscaya pembelajaran akan tertanggu…

4.Atasi sesuai penyebabnya

Siswa akan mengetahui apa penyebabnya mereka ngantuk. Jika berasal dari dirinya, siswa akan melakukan perubahan agar tidak ngantuk lagi. Misalnya, siswa tahu kalau mereka ngantuk karena kurang tidur. 

Maka siswa berusaha agar mengurangi waktu untuk begadang, tidak tidur terlalu larut malam. Siswa juga pasti mengetahui kalau telat tidur atau banyak begadang akan ngantuk saat belajar.

Istirahat dan tidur yang cukup di rumah, itu hal yang utama. Selain itu cukup minum air putih. Jangan terlalu lama menatap layar televisi atau layar komputer/laptop maupun layar perangkat selluler lainnya. Ini cenderung membuat mata lelah dan merangsang timbulnya rasa kantuk.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua khususnya siswa. Sebelum menutup artikel, ada baiknya baca juga: Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Belajar

Share this :

0 Response to "Ngantuk Saat Belajar Coba Cara Ini"

Poskan Komentar