Siswa Wanita Lebih Banyak yang Berprestasi

Siswa wanita lebih banyak yang berprestasi – Benarkah siswa perempuan lebih banyak yang berprestasi ketimbang siswa laki-laki? Mungkin hal ini pernah terpikir oleh sobat pengunjung, atau bahkan sudah membuktikan kebenarannya. 

Maka cukup banggalah orang tua yang mempunyai anak perempuan yang sudah memasuki usia sekolah.

Dari segi kuantitas, ternyata siswa wanita lebih banyak menunjukkan prestasi belajar di sekolah ketimbang siswa laki-laki. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil observasi yang admin lakukan secara mandiri. 



wanita,berprestasi

Namun kesimpulan ini masih memiliki kelemahan karena sampel observasi belum komprehensif. Kesimpulan ini bersifat kontemporer dan belum bisa digeneralisasi mengingat sampel observasi ini masih terbatas.

Sampel observasi dibatasi pada sekolah tempat admin bertugas ,sehingga kesimpulan tersebut tidak bisa menjadi kesimpulan umum dan berlaku untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Bisa jadi di sekolah lain akan menunjukkan fakta sebaliknya dan berbeda dengan kesimpulan ini. Siswa pria justru lebih banyak jumlahnya yang berprestasi daripada siswa perempuan.

Data observasi diperoleh dari dokumen siswa berprestasi selama 5 tahun, mulai tahun pelajaran 2010/2011 sampai 2014/2015. Jumlah siswa yang tercatat di sekolah mencapai 20 ribuan siswa yang dinominasi oleh siswa pria.

Sebagai batasan siswa prestasi adalah siswa yang menjadi pemuncak kelas setiap semester selama 10 semester. Katagori siswa berprestasi adalah siswa yang berhasil meraih juara 1, 2 dan juara 3 di kelasnya masing-masing.

Tradisi yang berlangsung di sekolah, setiap pemuncak kelas dihadirkan ke depan ruangan pertemuan atau di depan lapangan upacara bendera. Dari 42 siswa yang keluar sebagai pemuncak kelas yang berasal dari 14 kelas, paling banyak yang keluar sebagai pemuncak kelas adalah siswa perempuan.

Mengapa siswa wanita lebih berprestasi?

Dalam konteks belajar di sekolah maupun di rumah, ternyata siswa perempuan menunjukkan hal-hal positif yang menunjang terwujudnya hasil belajar yang memuaskan. Antara lain:

1.Rajin belajar

Siswa cewek lebih rajin belajar, mengulang pelajaran di rumah ketimbang siswa pria. Pada umumnya siswa pria banyak menghabiskan waktu bermain.

2.Senang mengerjakan tugas sekolah

Siswa perempuan lebih betah mengerjakan tugas rumah, berupa PR dan tugas-tugas lainnya yang dibebankan oleh guru kepada siswa. Misalnya membuat tugas keterampilan tangan, tugas membuat laporan, dan lain sebagainya.

3.Lebih aktif dan proaktif belajar di sekolah

Siswa wanita lebih cenderung untuk aktif belajar di kelas ketimbang siswa pria. Dinamisasi pembelajaran lebih hidup ketika ada siswa cewek yang mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan guru.

4.Persentase kehadiran siswa wanita lebih baik

Jarang ditemui siswa perempuan yang bolos atau absen. Jika mereka tidak hadir karena berhalangan seperti sakit dan keperluannya, siswa perempuan pada umumnya memberi kabar ke sekolah.

Berdasarkan secuil fakta ini, pihak sekolah maupun orang tua di rumah perlu meningkatkan perhatian kepada proses belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Proses yang baik akan menghantarkan siswa kepada hasil yang baik pula. Yaitu prestasi belajar yang menggembirakan!

Share this :

36 Responses to "Siswa Wanita Lebih Banyak yang Berprestasi"

  1. Setuju pak, mereka lebih telaten dan bersabar berbeda dengan siswa pria yang sukanya itu main tapi tergantung pada cara mengajarnya guru juga sih.

    Ternyata kita satu profesi ya pak, sama-sama guru hehe

    Tapi bapak bidang apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Adam. Pada umumnya mereka lebih progresif dalam cara belajar. Oh, ya...Saya mengajar mata pelajaran IPA-Fisika, mas. Terima kasih kunjungan dan komentarnya, mas Adam...

      Hapus
    2. Pada dasar nya sih tergantung anak nya ya Pak. banyak juga siswa Laki laki yang berprestasi. dan banyak juga siswa wanita yang kurang Prestasi. jadi kesimpulanya tergantung dari siswa nya tersebut baik lelaki atupun Perempuan yang penting mau berusaha dan belajar agar lebih maju dan lebih Berprestasi. maaf jika salah pendapat ya Pak Uda.. :-bd

      Hapus
    3. Pendapat mas Saud engga salah kok, mas. Prestasi belajar seorang anak memang tergantung anak tersebut dan bagaimana orang tua mendorongnya belajar di rumah. Namun fakta di sekolah, siswa perempuan banyak yang lebih berprestasi ketimbang laki-laki...

      Hapus
  2. Mungkin karena kaum hawa dilahirkan lebih byk dari kaum laki2 pak .. Namun demikian setelah lulus sekolah lbh byk dominan laki2 yg sukses (menurut saya sie).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, boleh jadi begitu, mas, Selain itu kaum pria lebih banyak sukses setelah lulus sekolah, barangkali karena mereka harus mencari pekerjaan. Sedangkan kaum perempuan tidak mutlak harus bekerja...Betul begitu ya mas?

      Hapus
    2. Betul itu pak, selain itu laki2 dalam urusan sosial (relasi) dgn rekan bisnis lebih dominan drpd perempuan.

      Hapus
    3. hem benar pak muiz seperti disekolahan kita dulu ya semua yang dominan prestasi itu wanita

      Hapus
    4. Mungkin siswa perempuan lebih serius dalam belajar ketimbang siswa laki laki ya Pak Guru :)

      Hapus
  3. hampir diseluruh indonesia ini bakat prestasi porsentasenya lebih besar prestasi di capai wanita pak, disini pun juga sama, walau kadang tidak menutup kemungkinan bahwa sebenarnya orang laki-laki mempunyai bakat lebih dari wanita, dan saya ingat pepatah bilang orang pintar itu masih kalah sama orang tekun, nice share pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti semakin terbukti bahwa siswa perempuan pada umumnya, di setiap sekolah lebih cenderung untuk menunjukkan prestasi belajar karena faktor ketekunannya belajar ya mas?

      Hapus
    2. Banyak Bapak Guru yang hadir disini saya jadi malu nih. karena saya bukan apa apa ya Pak Uda. saya pulang dulu ya Pak wassalamuallaikum :)

      Hapus
    3. Lho...? Mas Saud jangan pulang dulu...Kita semua disini guru, mas. hanya bidangnya yang beda. Ada blogger guru, ada pula guru blogger...lengkap deh. Iya kan mas?

      Hapus
  4. Kirain teh di kampung saya saja Pak, siswa wanita yang lebih banyak berprestasi. di Kota Pak Uda juga sama rupanya. sebagai contoh anak saya yang Perempuan lebih berprestasi, ketimbang anak saya yang laki laki. kenapa coba bisa begitu Pak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, boleh jadi jawabannya ada di antara poin di atas atau ada pada tanggapan dari teman-teman yang sudah berkomentar, mas Saud... Pendek kata, anak perempuan cenderung lebih rajin dan tekun belajar serta mau mengerjakan tugas sekolah.

      Hapus
  5. memang benar bahwa siswa wanita lebih banyak berprestasi dibandingkan dengan sisw laki-laki adalah mitos yang menjadi benar, hal tersebut terjadi karena banyak faktor yang menjadikan siswa laki-laki kurang berprestasi kecuali bawaan gen dari siswa laki-laki tersebut, faktor lingkungan lebih mudah mempengaruhi laki-laki sih kayanya mah ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, mas...Faktor lingkungan besar pengaruhnya terhadap kemauan belajar dan prestasi belajar siswa laki-laki...Mereka umumnya mudah terpengaruh oleh dinamika lingkungan di sekolah maupun di rumah...

      Hapus
  6. tak bisa dipungkiri mas, bahwa wanita lebih rajin belajar tapi pria lebih rajin main.heuheu
    murid wanita senang mengerjakan tugas sedangkan pria lebih senang menyontek.heuheu
    murid wanita lebih aktif belajar dikelas, sedangkan murid pria lebih aktif bolos.heuheu
    dan terakhir presentasi kehadiran siswa wanita lebih baik.
    meskipun begitu ada juga pria yang rajin sekali, pria yang rajin prestasinya bisa jauh melebihi wanita biasanya, namun masih jarang sekali ditemukan pria yang rajin belajar disekolah.semoga murid pria dijaman sekarang bisa merubahnya.amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga, mas Hendri. Berdasarkan fakta yang terjadi sekarang mudah-mudahan siswa pria menjadi termotivasi untuk memperbaiki cara belajarnya agar lebih berprestasi...

      Hapus
    2. iya mas uda, siswa pria wajib membaca artikel ini. karna murid pria biasanya emang rada bandel mas.hehe

      Hapus
  7. betul sekali pak, siswa perempuan lebih banyak yang pintar dari pada laki-laki. tapi tetap laki-laki mempunyai kelebihan tersendiri dari perempuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul mas. kelebihan itu barangkali terlihat setelah tamat sekolah. Kondisi berubah dimana laki-laki lebih tangguh dan tekun bersosialisasi untuk mencapai kesuksesannya...

      Hapus
  8. murid wanita kalo saya liat sih lebih rajin, soalnya kalo wanita kan biasanya lebih penurut, tapi engga semua wanita sih begitu, murid cowo juga ada ko yang rajin nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga ya mbak? Tapi pada umumnya siswa wanita lebih patuh dan rajin serta mentaati janji pelajar...

      Hapus
  9. memang betul sekali Pak, rata-rata wanita yg banyak berprestasi di Sekolah. mungkin karena lebih ulet dan sabar dlm belajar ya pak. Tetapi tidak sedikit pula siswa laki-laki yg berprestasi hehehee.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pak Eka. Mungkin di rumah kita sendiri, anak kita yang perempuan lebih ulet dan sabar dalam belajar.

      Hapus
  10. Memang benar pak, hal tersebut terjadi di SD Tempat saya, beberapa bulan lalu pas kelulusan sekolah yang menempati nilai tertinggi dari 1sampai dengan 3 semuanya siswa perempuan. Betul juga kalau anak laki-laki lebih suka bermain dari pada belajar, terkadang anak laki-laki sebenarnya banyak yang memiliki potensi tapi hanya kurang telaten aja ya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, mas. Potensi anak laki2 sebenarnya jauh lebih bagus. Tapi potensi itu tidak diiringi dengan keuletannya belajar...

      Hapus
  11. bukan saja sekedar berprestasi pak, untuk soal moral dan kemudahan membimbing, lebih enak siswa perempuan dibanding laki-laki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pak Ibrahim benar. Dalam sisi moral lebih mudah mengarahkan siswa perempuan. Baru ingat oleh saya sekarang pak...hehehe...

      Hapus
  12. Jadi ingat jaman sekolah Da, waktu itu siswa lelaki paling tidak sering nongkrong di kantin sekolah. he,, he,, he,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang suka nongkrong di kantin hanya siswa laki-laki, ya mas? Termasuk saya sendiri, mas...hihihi..

      Hapus
  13. Ngingetin saya dulu pas sekolah pak, kehadiran cuma 95 persen tapi tetap bisa rangking 2 he...he..... itupun kalau masuk sekolah jam 9.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin waktu itu, mas Jum lebih ulet dan telaten belajar...Kalau waktunya belajar, ya belajar. Dan kalau waktu bermain, ya bermain...Iya kan mas?

      Hapus
  14. kenyataan memang, siswa wanita cenderung lebih rajin dan taat, sehingga prosentasi yg berprestasi lebih banyak, ini saya alami waktu sekolah dulu, umumnya siswa laki2 paling bontot dlm prestasi, meski tidak semua

    BalasHapus
  15. jhahah saya jadi inget waktu sekolah dulu mas, emang sih kebanyakan cowok yang bolos itu, paling menyisakan paling banyak 5 orang dikelas tu :)
    tapi kalau masalah ngerjain pr mah yang penting jangan terlalu serius atau monoton saya juga suka kalau ngerjain tugas ma :)

    BalasHapus