Siswa Wanita Lebih Banyak yang Berprestasi

Siswa Wanita Lebih Banyak yang Berprestasi

Siswa wanita lebih banyak yang berprestasi – Benarkah siswa perempuan lebih banyak yang berprestasi ketimbang siswa laki-laki? Mungkin hal ini pernah terpikir oleh sobat pengunjung, atau bahkan sudah membuktikan kebenarannya. 

Maka cukup banggalah orang tua yang mempunyai anak perempuan yang sudah memasuki usia sekolah.

Dari segi kuantitas, ternyata siswa wanita lebih banyak menunjukkan prestasi belajar di sekolah ketimbang siswa laki-laki. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil observasi yang admin lakukan secara mandiri. 



wanita,berprestasi

Namun kesimpulan ini masih memiliki kelemahan karena sampel observasi belum komprehensif. Kesimpulan ini bersifat kontemporer dan belum bisa digeneralisasi mengingat sampel observasi ini masih terbatas.

Sampel observasi dibatasi pada sekolah tempat admin bertugas ,sehingga kesimpulan tersebut tidak bisa menjadi kesimpulan umum dan berlaku untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Bisa jadi di sekolah lain akan menunjukkan fakta sebaliknya dan berbeda dengan kesimpulan ini. Siswa pria justru lebih banyak jumlahnya yang berprestasi daripada siswa perempuan.

Data observasi diperoleh dari dokumen siswa berprestasi selama 5 tahun, mulai tahun pelajaran 2010/2011 sampai 2014/2015. Jumlah siswa yang tercatat di sekolah mencapai 20 ribuan siswa yang dinominasi oleh siswa pria.

Sebagai batasan siswa prestasi adalah siswa yang menjadi pemuncak kelas setiap semester selama 10 semester. Katagori siswa berprestasi adalah siswa yang berhasil meraih juara 1, 2 dan juara 3 di kelasnya masing-masing.

Tradisi yang berlangsung di sekolah, setiap pemuncak kelas dihadirkan ke depan ruangan pertemuan atau di depan lapangan upacara bendera. Dari 42 siswa yang keluar sebagai pemuncak kelas yang berasal dari 14 kelas, paling banyak yang keluar sebagai pemuncak kelas adalah siswa perempuan.

Mengapa siswa wanita lebih berprestasi?

Dalam konteks belajar di sekolah maupun di rumah, ternyata siswa perempuan menunjukkan hal-hal positif yang menunjang terwujudnya hasil belajar yang memuaskan. Antara lain:

1.Rajin belajar

Siswa cewek lebih rajin belajar, mengulang pelajaran di rumah ketimbang siswa pria. Pada umumnya siswa pria banyak menghabiskan waktu bermain.

2.Senang mengerjakan tugas sekolah

Siswa perempuan lebih betah mengerjakan tugas rumah, berupa PR dan tugas-tugas lainnya yang dibebankan oleh guru kepada siswa. Misalnya membuat tugas keterampilan tangan, tugas membuat laporan, dan lain sebagainya.

3.Lebih aktif dan proaktif belajar di sekolah

Siswa wanita lebih cenderung untuk aktif belajar di kelas ketimbang siswa pria. Dinamisasi pembelajaran lebih hidup ketika ada siswa cewek yang mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan guru.

4.Persentase kehadiran siswa wanita lebih baik

Jarang ditemui siswa perempuan yang bolos atau absen. Jika mereka tidak hadir karena berhalangan seperti sakit dan keperluannya, siswa perempuan pada umumnya memberi kabar ke sekolah.

Berdasarkan secuil fakta ini, pihak sekolah maupun orang tua di rumah perlu meningkatkan perhatian kepada proses belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Proses yang baik akan menghantarkan siswa kepada hasil yang baik pula. Yaitu prestasi belajar yang menggembirakan!

Posting Komentar