5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Anak Sekolah

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Anak Sekolah

5 Tips cerdas memilih sepatu anak sekolah – Sepatu merupakan salah satu perlengkapan utama bagi anak sekolah. Sepatu sekolah yang dipakai anak harus sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku di sekolah.


tips,memilih,sepatu,sekolah
Foto : Sepatu anak sekolah (matrapendidikan.com)

Sebelum membeli sepatu sekolah untuk anak, perlu diperhatikan dan dipilih sepatu sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak. Tidak hanya memperhatikan mahal atau murahnya. Atau tidak semata melihat model dan tren yang berkembang saat itu. 

Lebih penting bagi kita adalah kenyamanan dan keluwesan saat anak memakai sepatu ke sekolah. 
Ini bukan berarti kita mengabaikan masalah kualitas sepatu sekolah. Bagaimana pun kualitas sepatu tetap diperhatikan agar sepatu sekolah anak tahan lama.

Bagaimana memilih sepatu sekolah untuk anak agar nyaman dipakai, sesuai dengan ketentuan berlaku dan tahan lama? Ikuti 5 Tips cerdas berikut ini:

1.Perhatikan kondisi lokasi sekolah

Yang pertama diperhatikan dalam memilih sepatu untuk sekolah adalah kondisi lingkungan sekolah. Kondisi sekolah di pedesaan jelas berbeda dengan sekolah di perkotaan. Sekolah di pedesaan umumnya memiliki areal dan lapangan berupa tanah serta ditumbuhi rumput.

2.Sesuaikan dengan ketentuan jenis sepatu di sekolah

Di sekolah ada ketentuan yang mengatur tentang sepatu siswa. Baik warna maupun model sepatu yang boleh digunakan siswa ke sekolah. Ini tujuannya agar siswa menggunakan sepatu seragam, tidak membedakan anak dari keluarga kurang mampu dengan anak yang mampu.

3.Pilih sepatu yang nyaman dan ringan dipakai

Sepatu yang nyaman dan ringan perlu dipertimbangkan untuk dipakai oleh siswa. Pilih sepatu yang ringan dan praktis. Biasanya berbahan dasar kulit atau kanvas dari kain dengan dengan sol yang ringan dan terbuat dari karet. Ini untuk kenyamanan gerakan siswa di sekolah.

4.Sediakan sepatu khusus untuk anak

Ada sepatu sebagai seragam harian namun ada pula sepatu untuk kegiatan belajar lainnya. Agar tidak selalu dipakai oleh anak sepatu seragam harian, kita perlu menyediakan sepatu khusus, misalnya untuk olahraga, bermain dan lain sebagainya.

5.Pilih sepatu yang mudah dirawat

Yang tak kalah penting diperhatikan dalam memilih sepatu untuk sekolah adalah mudah dirawat dan dibersihkan. Ketika dibersihkan, sepatu tersebut cepat kering dan dapat dipakai kembali. 

Baca: Tips Merawat Sepatu Sekolah Anak
Begitu pula sepatu dari kulit yang mudah disemir karena anak sekolah biasanya tidak banyak waktu untuk menyemir sepatu.

Kesimpulannya, sepatu yang dipilih untuk dipakai ke sekolah perlu mempertimbangkan kondisi dan peraturan sekolah, kenyamanan dan keluwesan gerak siswa serta perawatan sepatu.

Posting Komentar