Tips Memelihara Hubungan Sosial di Tempat Kos

Tips memelihara hubungan sosial di tempat kos – Tinggal di tempat kost bagi siswa atau mahasiswa. Perlu dianggap seperti berada di rumah orang tua sendiri. Tempat kos itu replika keluarga di kampung. Ibu/bapak kos adalah ibarat kedua orang tua sendiri. Teman kos adalah saudara kita sendiri yang ditinggalkan di kampung halaman.

Memang, penghuni kos memiliki karakter, latar belakang, dan daerah asal berbeda. Keberagaman itu bukanlah menjadi masalah dalam menciptakan hubungan sosial harmonis di tempat kos. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berlaku dalam sebuah hunian rumah kos siswa dan mahasiswa. Beraneka ragam latar belakang namun tujuan sama, menuntut ilmu untuk kejayaan masa depan. Senasib dan sepenanggungan di bawah atap rumah yang sama. Selanjutnya baca: Tips Menjadi Anak Kost yang Baik

tips,hubungan sosial,tempat kos

Menjadi anak kos ternyata gampang-gampang susah. Penuh dinamika. Hubungan sosial antar sesama penghuni kos sangat mempengaruhi kenyamanan di tempat kos. Oleh sebab itu, masing-masing penghuni kos perlu menerapkan sikap dan tingkah laku yang tidak menimbulkan konflik sosial. Setiap penghuni kost menerapkan upaya bagaimana agar terpelihara hubungan sosial di antara sesama teman kos. 

Berikut adalah tips agar terpelihara pergaulan sosial di tempat kos:

1.Bersikap saling menghormati

Agar dihormati orang lain maka kita harus menghormati orang lain terlebih dulu. Filosofi ini bukanlah hal baru di telinga kita. Namun yang sulit adalah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tanpa sadar kita sering lupa menghormati teman lain yang lebih tua dari kita. Ucapan dan perkataan yang terlontar sering tidak pada tempatnya. Padahal mereka lebih tua dari kita. Sebaliknya, sebagai senior di tempat kos juga perlu menunjukkan sikap yang baik dan patut dicontoh.

2.Peka dan tenggang rasa terhadap teman

Dalam pergaulan sesama anak kos perlu menjaga sikap tenggang rasa. Terwujud dalam ucapan dan perbuatan dalam pergaulan sehari-hari. Ucapan dan kata yang dikeluarkan hendaknya tidak membuat teman lain tersinggung atau merasa dihina dan dilecehkan.

3.Sikap simpati dan empati

Agar disenangi teman, penghuni kos berusaha untuk bersikap simpati yang tulus. Peduli dengan kondisi teman. Mudah diajak untuk curhat, dipercaya, terbuka, dan mampu mengatasi masalah yang dihadapi teman. Sikap empati adalah sikap yang dapat merasakan apa yang dirasakan oleh teman di tempat kos. Keluhan yang dirasakan teman dapat dirasakan sendiri sehingga dapat menghibur teman dengan baik.

4.Merasa senasib dan sepenanggungan

Tinggal di tempat kos berarti jauh dari orang tua. Sesama penghuni kos adalah teman yang senasib dan sepenanggungan. Mempunyai tujuan yang sama, sama-sama menuntut ilmu. Oleh sebab itu, menganggap teman adalah saudara seperti saudara di rumah akan membuat pergaulan sosial di tempat kos menjadi kondusif.

5.Memiliki tanggung jawab

Tinggal di tempat kos pasti memiliki tanggung jawab tertentu. Bertanggung jawab terhadap diri pribadi, teman kos dan pemilik tempat kos. Tanggung jawab pribadi antara lain menjaga kebersihan dan keamanan di tempat kos. Begitu pula terhadap teman, saling bersikap baik dan memelihara nama baiknya. Nah, ini dia, tanggung jawab terhadap pemilik kos adalah membayar sewa atau kontrak kos tepat pada waktunya…  

Share this :

0 Response to "Tips Memelihara Hubungan Sosial di Tempat Kos"

Poskan Komentar