Tips Merawat Buku Pinjaman Pustaka Sekolah

Tips merawat buku pinjaman pustaka sekolah – Perpustakaan adalah jantungnya sebuah sekolah. Begitu kalimat yang sering kita dengar berkaitan dengan keberadaan sebuah unit pelayanan teknis pustaka di sekolah. Oleh sebab itu setiap unit sekolah harus memiliki ruang perpustakaan yang representatif. Tujuannya untuk mewujudkan semboyan pustaka sebagai jantung sekolah.

Di perpustakaan sekolah terdapat berbagai sumber dan bahan belajar untuk kelancaran pembelajaran. Aneka buku pelajaran dan hiburan, diktat karya tulis guru, karya ilmiah siswa, berbagai buku bacaan dan referensi lainnya tersedia di ruangan perpustakaan. Selain itu, pustaka sekolah juga menyediakan beragam media pembelajaran. Media visual seperti aneka peta bumi dan globe, charta dan berbagai gambar. Ada pula media audio seperti tape recorder, dan media  audio-visual seperti televisi, VCD/DVD player dan sebagainya.

tips,merawat,buku,pustaka

Berbagai bahan dan sumber belajar yang ada di pustaka sekolah akan mendukung unit pustaka sebagai pusat pembelajaran di sekolah. Mata pelajaran apapun dan siapa pun warga sekolah, dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana untuk belajar secara perorangan maupun kelompok.  Baca juga: Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat KBM

Perpustakaan sekolah yang sudah representatif tidak banyak artinya jika tidak dimanfaatkan oleh warga sekolah. Guru maupun petugas pustaka perlu proaktif dalam memasyarakatkan budaya kunjung pustaka. Simak kembali: Memotivasi Siswa Berkunjung ke Pustaka

Buku Peminjaman Berkala

Salah satu fokus pembahasan adalah buku perpustakaan. Buku sebagai sumber dan bahan belajar dipinjamkan kepada siswa. Namun ada pula buku yang terpaksa dibaca di ruang baca pustaka. Mungkin karena persedian buku tertentu sangat terbatas dan hanya disimpan sebagai buku baca di ruang pustaka.

Siswa dapat meminjam buku di pustaka sekolah dalam jangka waktu tertentu. Artinya buku pustaka dipinjam dalam jangka waktu panjang karena jumlahnya memadai. Ada juga yang dipinjamkan dalam jangka waktu pendek, seperti tiga hari atau satu minggu. Ini terjadi karena jumlah buku sangat terbatas.

Buku yang dipinjam oleh siswa, perlu dipelihara dengan baik agar awet dan bertahan lama. Jika buku yang dipinjam siswa dalam jangka waktu panjang, misalnya satu tahun, nanti akan dapat dipakai kembali oleh adik kelasnya pada tahun berikutnya. Begitu pula jangka peminjaman satu minggu atau bulanan.

Tips Merawat Buku Pinjaman Pustaka

Buku adalah gudang ilmu pengetahuan dan membaca adalah kuncinya. Slogan ini juga sudah familiar di kalangan masyarakat luas. Oleh sebab itu buku yang dipinjam siswa perlu dirawat dengan hati-hati. Selain untuk menjaga keselamatan buku juga untuk menghindari denda dari petugas pustaka sesuai aturan peminjaman buku.

Bagaimana merawat buku perpustakaan sekolah agar awet dan bertahan lama? Berikut adalah tips ringan bagi siswa yang memanfaatkan buku pustaka sebagai bahan dan sumber belajar di rumah:

1.Periksa kembali buku yang dipinjam

Yang pertama diperhatikan adalah administrasi peminjaman pada petugas pustaka. Periksa keadaan buku yang akan dipinjam, apakah dalam keadaan baik atau mengalami kerusakan. Kemudian perhatikan juga nomor atau kode buku yang tertera apakah sesuai dengan kode yang tercatat pada buku petugas. Ini berguna untuk mengecek buku ketika mengembalikannya ke petugas pustaka.

2.Pelihara buku pinjaman dengan baik

Memelihara buku pustaka sekolah agar tidak terjadi kerusakan atau hilang. Jika terjadi kerusakan oleh si peminjam, biasanya pihak perpustakaan meminta ganti dengan buku sejenis.

3.Beri sampul agar menarik

Sebaiknya setiap buku pustaka diberi sampul plastik untuk menjaga kemungkinan dari kerusakan bagian kulit luarnya. Yang lebih penting lagi adalah tidak mencoret atau menulis sesuatu di buku milik pustaka sekolah. Selanjutnya dapat disimak: Tips Merawat Buku Catatan Pelajaran

Share this :

3 Responses to "Tips Merawat Buku Pinjaman Pustaka Sekolah"

  1. Tips nya sangat bermanfaat Pak. buat memicu pemahaman terutama buat Anak sekolahan agar sadar akan tanggumng jawab dengan barang yang di pinjam dari perpustakaan sekolah misalnya. makasih tips bermanfaat nya Pak :)

    BalasHapus
  2. Tips ini akan saya terapkan sama anak saya tersayang Pak. Biar pinter jadi anak yang pandai dengan tanggung jawwab, juga berguna bagi bangsa dan negara. dan berbakti pada kedua orang tua nya kelak. :) :-bd

    BalasHapus
  3. berani meminjam harus siap juga untuk merawat,,
    krana buku di perpustakaan juga masih bisa dipakai untuk tahun tahun berikutnya

    BalasHapus