Tugas Guru Piket Harian di Sekolah

Tugas guru piket harian di sekolah – Piket merupakan salah satu tugas tambahan seorang guru, di samping tugas pokok yang diemban di sekolah. Penugasan piket kepada guru ditetapkan berdasarkan surat keputusan (SK) kepala sekolah. 

SK Ini di kemudian hari, dapat dijadikan sebagai bukti fisik sah untuk memperoleh angka kredit jabatan guru. Biasanya, surat penugasan piket ini berlaku selama satu tahun pelajaran.

Piket yang ditunjuk kepala sekolah tidak sendiri. Biasanya terdiri dua orang  atau lebih yang mendapat jatah piket dalam satu hari. 

Namun demikian mengenai jumlah ini tergantung pada kondisi dan kebutuhan sekolah. Sekolah yang banyak siswa membutuhkan guru piket harian yang lebih banyak lagi.

tugas,guru,sekolah

Keberadaan guru piket sangat penting di sekolah. Tamu yang datang ke sekolah harus melapor ke guru piket terlebih dulu, bukan kepada kepala sekolah. Tentunya hal ini berlaku pada sekolah yang belum mempunyai petugas pengaman sekolah.

Secara umum, piket harian berfungsi untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. Apa saja tugas guru piket?

Sebenarnya tugas guru piket ini disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Oleh sebab itu, uraian tentang tugas guru piket dirunuskan dalam lokakarya sekolah. Selain itu juga dapat disempurnakan melalui rapat dewan guru di sekolah masing-masing.

Berikut adalah rincian tugas guru piket harian di sekolah:

1.Memeriksa kondisi lingkungan sekolah

Guru piket datang lebih awal dengan tujuan memeriksa kondisi sekolah menyangkut kemaaman maupun kebersihan lingkungan sekolah. 

Berdasarkan pantauan ini, guru piket mengambil langkah penting untuk menyikapi kondisi lingkungan sekolah sehingga pembelajaran pagi tidak mendapat hambatan.

2.Mengawasi kegiatan K3 ( ketertiban, kebersihan, dan keindahan)

Sebelum kegiatan belajar siswa dimulai dilaksanakan operasi K 3 oleh semua siswa. Guru piket ikut menggerakkan siswa untuk membersihkan areal lapangan sekolah dan tempat yang tak mungkin dijangkau oleh piket kelas. Simak juga: Tugas Piket Harian di Kelas

3.Mengisi data administrasi piket harian

Setelah kegiatan K 3 selesai dan siswa sudah mulai belajar, guru piket mendata guru dan siswa yang tidak hadir. Jika ada guru yang berhalangan hadir maka lokal yang kosong digantikan oleh guru piket. 

Penggantian oleh guru piket bukan untuk mengajar mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang berhalangan hadir. Guru piket hanya menciptakan kondisi siswa agar tetap belajar dan berada di dalam kelas.

4.Mengawasi siswa ketika jam istirahat

Jam istirahat termasuk waktu yang penting untuk dikelola oleh guru piket. Hal-hal yang tidak diingini bisa saja terjadi pada waktu jan istirahat berlangsung. Misalnya, siswa berkelahi dan menimbulkan keonaran.

5.Melaporkan peristiwa atau kejadian penting

Guru piket perlu mendata peristiwa dan kejadian penting yang terjadi pada hari itu. Kemudian melaporkannya kepada kepala sekolah atau pihak yang diberi wewenang oleh kepala sekolah. Misalnya, wali kelas, guru bimbingan.

Berdasar uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tugas guru piket harian sangat penting artinya dalam menciptakan kelancaran proses pendidikan di sekolah.  

Share this :

2 Responses to "Tugas Guru Piket Harian di Sekolah"

  1. Sekarang saya diberi tugas jadi guru piket tapi untuk mengisi jam kosong karena gurunya ga hadir.

    Memang guru piket itu membantu buat mengamankan situasi dan kondisi kbm biar tetap berjalan dengan baik.

    Tanpa guru piket malah banyak siswa yang diluar kelas jadinya terkesan kbm tidak berjalan dengan maksimal. Ini kalau terlihat masyarakat jadi buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Adam. Hanya saja mungkin ada baiknya guru yang enggak sempat hadir meninggalkan semacam tugas untuk kelas yang ditinggalkan. Jadi, guru piket hanya untuk mengawasi siswa di kelas yang ditinggal guru kelas atau guru mata pelajarannya...

      Hapus