4 Makanan Sehat untuk Prestasi Belajar Anak

4 Makanan sehat untuk prestasi belajar anak - Orang tua mana yang tak ingin anaknya berprestasi belajar yang tinggi di sekolah. Anak yang berprestasi merupakan cerminan keberhasilan orang tua dalam mendukung dan memotivasi anak belajar. 

Mendukung dalam arti menyiapkan sumberdaya yang memungkinkan anak meraih hasil belajar yang optimal. Sedangkan memotivasi dalam pengertian ini mendorong anak untuk belajar dengan rajin dan tekun.

Memang, prestasi belajar anak di sekolah dipengaruhi oleh banyak hal. Namun dikelompokkan menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah hal yang mempengaruhi hasil belajar yang berasal dari dalam diri anak. 


makanan,prestasi belajar

Faktor ini yang sangat penting adalah sikap dan minat belajar, motivasi, konsentrasi, cita-cita dan kecerdasan (intelegensi). 
Simak kembali: Faktor BerpengaruhTerhadap Prestasi belajar Siswa
Kesehatan tubuh anak menjadi faktor penting dan menunjang faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar. Dengan kondisi tubuh sehat akan mendukung semua faktor tersebut. 

Oleh sebab itu, sebagai orang tua perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anak.

Upaya yang dilakukan orang tua adalah menyiapkan makanan sehat untuk anak sebelum berangkat ke sekolah maupun pulang dari kegiatan belajar. Kesehatan memang tidak bisa dipisahkan dari jenis makanan yang menyehatkan. Tentu untuk mempertahankan kesehatan anak harus diikuti dengan menjaga pola hidup sehat yang maksimal. 

Cara paling umum yaitu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup. Jika ketiga hal utama itu sudah dilaksanakan dengan rutin, maka tubuh sehat dan bugar akan dapat  dimiliki oleh anak. 
Simak juga: Pola Hidup Sehat dalam Keluarga
Dari 3 faktor utama tersebut, jenis makanan tentu menjadi hal yang paling berpengaruh terhadap kesehatan tubuh anak. Mengkonsumsi makanan sehat dengan teratur dan porsi yang tepat.

Berikut ini adalah empat jenis makanan sehat dan menyehatkan yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh Anak:

1.Ikan salmon

Bagaimanapun keadaannya tubuh tetap membutuhkan asupan protein dan omega 3 untuk menjaga kesehatan otak Anak. Ikan salmon mempunyai kandungan protein dan omega yang tinggi dan tidak dimiliki oleh ikan lain. 

Salmon juga mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga aman juga untuk dikonsumsi oleh orang tua yang mengikuti program diet.

2.Kacang almond

Kacang jenis tersebut banyak mengandung protein nabati dan vitamin, baik dikonsumsi dalam bentuk mentah atau direbus. Namun sebaiknya jangan mencampurinya dengan tambahan apapun baik itu gula atau coklat agar kandungan vitaminnya dapat diserap dengan maksimal oleh tubuh Anak. 

3.Buah apel

Sumber vitamin yang paling gampang didapatkan yaitu dari buah, apel merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin. Jenis makanan dengan serat tinggi tersebut membantu Anda melancarkan pencernaan dan mengontrol kolestrol yang ada dalam tubuh. 

Buah Apel juga mengansung plavonoid dan quecertin yang mencegah timbulnya penyakit kanker. Banyak sekali orang yang melakukan diet memulai sarapan pagi dengan buah apel. Apel banyak mengandung karbohidrat yang memberi energi positif untuk memulai aktifitas.

4.Sayur bayam dan brokoli

Jika tadi bahasan jenis makanannya hanya buah, kini sayuran yang akan kita bahas. Bayam merupakan jenis sayuran yang punya banyak kandungan vitamin. Mempunyai khasiat yang dahsyat untuk kebaikan kulit dan rambut. 

Vitamin dan serat yang terkandung dalam bayam juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Untuk tulang yang kuat dan gigi yang kuat bayam juga bisa menjadi solusi Anda untuk kesehatan.

Jenis sayuran lain yang baik untuk menjaga kesehatan Anak yaitu brokoli, sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin A dan C yang baik untuk melancarkan metabolisme tubuh. 

Untuk hasil yang maksimal sebaiknya brokoli jangan dimasak terlalu matang supaya vitaminnya tidak hilang. 
Baca juga: Siswa Perlu Konsumsi Sayur dan Buah
Tentu saja, selain makanan yang disebutkan di atas, masih banyak lagi  jenis makanan lain yang dapat menyehatkan tubuh anak dan aman untuk dikonsumsi. Melalui tubuh yang sehat dapat ditingkatkan prestasi belajar anak. Semoga. Dan jika artikel ini bermanfaat, silahkan share pada rekan anda yang lain. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "4 Makanan Sehat untuk Prestasi Belajar Anak"

Poskan Komentar