Anak Ini Memancing Ikan di Kolam Keruh

Anak ini memancing ikan di kolam keruh - Peribahasa ‘memancing di air keruh’ sudah sangat familiar di telinga kita semua. Arti peribahasa tersebut kira-kira seperti ini, mengambil keuntungan di tengah penderitaan atau kekacauan orang lain. 

Dalam pembahasan ini, bukan bercerita tentang peribahasa tersebut. Ini benar-benar memancing di air keruh, tepatnya pada kolam ikan mini di samping rumah. 

Pancing adalah kata benda yang berarti sama dengan kail. Awalan ‘me’ di depan kata benda pancing, akan mengubah kata benda menjadi kata kerja. 

Jadi, memancing adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang terhadap sesuatu objek. Boleh jadi dalam hal ini objeknya adalah ikan dan jenis hewan air lainnya.

Sebuah alat pancing lazimnya terdiri dari joran, tali dan mata pancing yang diberi umpan. Memancing dapat dilakukan di kolam, sungai, danau dan laut. Kalau memancing belut di sawah, maka joran tidak dipergunakan lagi. 

Bagaimana dengan cara memancing ikan di kolam mini yang keruh?

memancing,kolam,ikan

Seorang anak usia sekolah dasar memancing di kolam mini samping rumahnya. Kolam yang sebenarnya adalah tempat pembuangan limbah cucian alat-alat dapur. Sehingga airnya berwarna hijau dan keruh. 

Uniknya, anak yang belajar memancing ini menggunakan joran dari batang ketela pohon. Menggunakan tali dari benang yang biasa digunakan untuk menjahit oleh ibunya.

Mata pancingnya ternyata bukan mata kail yang lazim digunakan oleh pemancing profesional. Anak ini hanya menggunakan paku dan tidak memakai umpan. 

Dalam ilusinya, ketika paku berayun dalam air itu adalah ikan yang memakan umpan di mata pancingnya. Itulah ilusi seorang anak yang memancing di kolam ikan mini berair keruh samping rumah.

Share this :

0 Response to "Anak Ini Memancing Ikan di Kolam Keruh"

Poskan Komentar