Alternatif Memanfaatkan Sumberdaya di Sekitar Rumah

Alternatif memanfaatkan sumberdaya di sekitar rumah – Kemajuan teknologi dewasa ini membuat manusia semakin dimanjakan. 

Segala kebutuhan yang diperlukan oleh setiap keluarga sudah tersedia di sekitar tempat tinggal. Kebutuhan harian seperti bahan-bahan dan bumbu dapur sudah tersedia di warung atau pasar terdekat.

Orang tak perlu lagi pusing jika ada anggota keluarga yang sakit. Pergi saja ke dokter atau apotek terdekat. Begitu pula, orang tak perlu lagi menguras tenaga untuk menyiapkan bahan dan bumbu masak di dapur. Yang penting ada uang untuk membeli semua yang dibutuhkan.

Mungkin bagi keluarga berekonomi mampu, hal ini tidak menjadi masalah berarti. Bagaimana dengan keluarga dengan ekonomi pas-pasan? Keluarga yang memiliki sekian orang anak yang masih duduk di bangku pendidikan?

sumberdaya,memanfaatkan,pekarangan

Yang terakhir ini, akan membuat kita perlu memutar otak untuk mencari sumberdaya untuk penghematan pengeluaran dapur maupun obat-obatan. Apalagi di tengah gelombang ekonomi yang cukup pahit ini, diperlukan terobosan agar anak-anak tetap bersekolah. Membiayai keperluan dan kebutuhan sekolah anak.

Disinilah pentingnya setiap anggota keluarga untuk melihat sumberdaya yang ada di sekitar rumah. Masih adakah yang bisa diolah untuk penghematan pengeluaran? Ambil contoh sederhana, lahan pekarangan atau samping rumah masih kosong? 

Apa yang dapat kita lakukan dengan lahan yang tersedia? Berikut akan kita coba menelisik beberapa alternatif yang mungkin dapat diterapkan.

1.Bertanam cabe

Harga cabe merah atau cabe rawit semakin mahal. Langkah alternatif bagi kita adalah segera menanam cabe. Mungkin pameo, belum terlambat untuk memulainya, adalah sangat tepat untuk diterapkan. Untuk bertanam cabe tak perlu lahan luas. Sediakan kantong plastik polibag untuk media tempat bertanam cabe. Selanjutnya dapat disimak: Manfaat Bertanam Cabe Bagi Keluarga

2.Beternak ikan

Untuk beternak ikan, juga tak perlu lahan atau kolam yang luas. Cukup lokasi sekitar 2 x 1.5 meter sudah bisa dijadikan sebagai kolam ikan mini di samping rumah. Pilih ikan yang tahan terhadap kondisi air yang kotor. Boleh jadi kolam ikan mini ini menjadi tempat saluran limbah cair keluarga yang tidak mengandung zat kimia. Baca juga: Membuat Kolam Ikan Mini Samping Rumah

3.Beternak ayam dan itik

Di samping alternatif di atas, mungkin perlu untuk melirik ayam kampung atau itik. Pemeliharaan ayam kampung sangat mudah, begitu pula itik darat. Tak perlu repot menyediakan makanan atau kandangnya. Namun jika kita memiliki kesempatan, sediakan makanan maupun kandangnya. Simak: Manfaatkan lahat Sempit Sekitar Rumah

4.Budidaya tanaman obat

Membudidayakan tanaman obat di sekitar rumah tidak mesti tanaman yang susah didapat. Melainkan tanaman yang ada di sekitar tempat tinggal. Disini dicontohkan daun kumis kucing, daun kina, daun betadine, dan tanaman lainnya.

Pada prinsipnya, memanfaatkan sumberdaya di sekitar rumah tak perlu yang muluk-muluk, namun dapat diterapkan dengan mudah. Sekecil apapun upaya pemanfaatan sumberdaya di sekitar rumah, sudah sangat berarti untuk menghemat pengeluaran keluarga sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan sekolah anak.

Share this :

0 Response to "Alternatif Memanfaatkan Sumberdaya di Sekitar Rumah"

Poskan Komentar