Pola Hidup Sehat dalam Keluarga

Pola hidup sehat dalam keluarga – Setiap keluarga Indonesia memiliki pola-pola tertentu dalam menjalani proses kehidupan. Pola kehidupan tersebut sangat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti; jumlah anggota keluarga, latar belakang pendidikan orang tua, ekonomi keluarga dan filosofi yang dianut oleh keluarga.

Pola hidup sederhana misalnya. Setiap keluarga memiliki pandangan dan cara penerapan yang hampir berbeda satu sama lainnya. 

Hal ini disebabkan oleh persepsi yang tidak sama terhadap pengertian hidup sederhana. Dapat juga kita simak: Contoh Penerapan Contoh Pola Hidup Sederhana

Akan tetapi pola hidup sehat memiliki batasan yang jelas sehingga nyaris semua keluarga berpandangan sama. Baik dalam pemahaman maupun penerapannya dalam lingkungan keluarga. 

Pola hidup sehat adalah cara dan gaya hidup untuk menjaga kesehatan tubuh maupun psikis anggota keluarga. Tujuannya adalah mencegah masuknya berbagai macam penyakit ke dalam tubuh. Terkait dengan ini coba simak kembali: Tips Agar Guru Tetap Sehat

pola,hidup,sehat,keluarga

Bagaimana contoh penerapan pola hidup sehat dalam keluarga?  Mungkin tidak sulit bagi sebagian anggota keluarga untuk menjalaninya. Namun bagi keluarga lain boleh jadi pola hidup sehat itu agak sulit menerapkannya. 

Mari kita bahas bersama seperti uraian berikut ini.

1.Olahraga secara teratur

Gerakan yang dilakukan saat berolah raga akan memaksimalkan kinerja tubuh sehingga kondisi tubuh terasa bugar. Ada berbagai macam olahraga yang dapat dilakukan secara teratur, seperti lari, joging, senam ringan, dan lain sebagainya. 

Olah raga ini termasuk jenis olah raga yang murah dan mudah dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Dengan berolahraga secara rutin akan dapat membuat seluruh tubuh bergerak, dan memaksa tubuh untuk dapat bekerja secara maksimal.

2.Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Anggota keluarga dapat mengkonsumsi makanan kaya zat gizi seperti daging berlemak rendah, ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Contoh-contoh makanan ini tentunya mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baik untuk proses metabolisme tubuh maupun untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.  

3.Menghindari hal yang dapat merusak tubuh

Setiap anggota keluarga dapat menghindari berbagai macam hal yang dapat merusak tubuh. Misalnya, mengkonsumsi terlalu bayak minuman bersoda, karena itu dapat merusak kepadatan tulang. 

Terlalu banyak mengkonsumsi gula karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Begitu pula menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang berdampak terhadap kebugaran tubuh.

4.Istirahat secara teratur

Istirahat secara teratur tentunya dapat mengistirahatkan berbagai macam organ tubuh. Istirahat yang baik adalah tidur. Dengan tidur atau istirahat yang cukup akan membuat tubuh dapat bekerja kembali secara maksimal.

5.Menghindari stres

Hindari stres karena hal tersebut dapat merusak metabolisme tubuh. Ketika seseorang mengalami stres maka otak tidak akan bekerja dengan baik, dan hal itu yang akan membuat kinerja tubuh juga menjadi terganggu. Baca kembali: Menghindari Stres diLingkungan Keluarga

Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam lingkungan keluarga, aktivitas anggota keluarga menjadi lancar. Bagi anggota keluarga yang masih dalam proses pendidikan akan dapat meraih prestasi pendidikan secara optimal.  

Begitu pula bagi anggota keluarga yang sudah bekerja, akan dapat meningkatkan produktivitas kerja yang menggembirakan. Selain itu, pola hidup sehat akan menjauhkan semua anggota keluarga dari berbagai penyakit yang penyembuhannya membutuhkan biaya mahal.

Share this :

9 Responses to "Pola Hidup Sehat dalam Keluarga"

  1. Saya bakalan terapkan nanti kalau udah punya keluarga beberapa tahun kemudian Pak. Terima kasih atas infonya. :D

    BalasHapus
  2. pola hidup sehat dalam keluarga harus diterapkan, tipsnya sangat berguna uda, makasih
    smoga bisa dipraktekin dikeluarga saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Wong. Kita berusaha selalu untuk mewujudkan pola hidup sehat jasmani maupun rohani dalam anggota keluarga...

      Hapus
  3. kalau saya olahraga gak pernah ketinggalan pak, dalam sela-sela kesibukan pasti olahraga, kan ngajar penjas, jadi mau tidak mau olahraga terus deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iya ya mas? Mas Purnama kan guru Penjaskes...hehehe. Wah, pasti asyik...

      Hapus
  4. aku jarang berolahraga bang..tapi suka konsumsi buah dan sayur..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gerak-gerakan ringan anggota tubuh di rumah maupun di tempat kerja, barangkali sudah termasuk olah raga meskipun ringan, mbak. Kemudian makan sayur dan buah yang cukup sudah sangat berarti dalam menerapkan pola hidup sehat. Bukankah begitu, mbak?

      Hapus
  5. Kesehatan terkadang di anggap sepele, padahal pola hidup sehat ga terlalu sulit di lakuin kalau benar-benar niat untuk menjalankannya :) , kalau keburu sakit baru nyesel deh hhe
    terima kasih infonya

    BalasHapus