Tips Agar Guru Tetap Sehat

Tips agar guru tetap sehat – Siapapun orangnya sudah pasti mendambakan hidup selalu sehat. Tidak menderita penyakit apapun. Dengan demikian kerja rutin sehari-hari menjadi lancar. Hidup ceria di tengah rekan kerja maupun bersama keluarga.

Hal tersebut tidak terkecuali buat guru. Berprofesi sebagai guru harus ditunjang dengan kondisi tubuh dan psikis yang prima. Mengapa demikian? Beban mengajar guru 24 jam per minggu. Rata-rata mengajar tiap hari 4 jam pelajaran. Namun kenyataannnya ada guru yang mengajar 6 sampai 8 jam per hari. Simak juga: Beban Mengajar Guru Terlalu Berat (?)

Beban mengajar yang cukup berat harus diiringi dengan kondisi tubuh yang sehat. Bagaimana upaya menjalani hidup yang sehat bagi guru? Berikut ini uraiannya:

tips,guru,sehat

1.Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur tidak mesti melakukan olah raga yang lazim dilakukan oleh atlit berprestasi. Melakukan olah tubuh di rumah, di halaman atau jalan santai di sekitar tempat tinggal. Itu sudah cukup jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapat dengan cara berolahraga. Gerakan stimultan yang dilakukan pada saat berolahraga, akan membuat seluruh tubuh bergerak. Gerakan-gerakan ini, akan memaksimalkan kinerja tubuh itu sendiri, dan itu yang akan membuat tubuh tetap merasa bugar.

Jika tubuh kurang berolahraga, banyak duduk ketika mengajar, tentunya ada banyak sekali bagian tubuh yang tidak bekerja secara maksimal, ini yang akan menyebabkan seseorang mudah sekali mendapatkkan penyakit. Baca kembali: Banyak Duduk Ketika Mengajar

2.Mengkonsumsi makanan dan minuman sarat nutrisi

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sarat akan nutrisi akan sangat membantu kekebalan tubuh. Protein, karbohidrat, mineral, vitamin adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Semua nutrisi ini diperlukan untuk dapat merecoveri bagian tubuh yang rusak, atau bahkan membuat lagi sel-sel baru yang sehat, nutrisi ini juga diperlukan untuk memperlancar metabolisme tubuh itu sendiri.

Makanan dan minuman yang sarat akan nutrisi ini didapatkan dari sayuran, buah-buahan, daging rendah kalori, dll. Untuk minuman, maka kita akan mendapatkannya dari susu, berbagai jus, yoghurt, teh, air kelapa, dan beberapa minuman lainnya.

3.Meminimalisir makanan atau minunan yang dapat merusak tubuh

Hal lainnya yang harus kita lakukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh adalah menghindari atau meminimalisir makanan atau minuman yang dapat merusak tubuh. Saat ini ada banyak sekali makanan yang mengandung zat yang dapat merusak tubuh.

Zat tersebut sengaja dimasukkan ke dalam makanan tersebut dengan berbagai macam maksud, seperti mengawetkan makanan, dapat membuat makanan menjadi renyah, dapat membuat makanan menjadi gurih, dll.

Namun kenyataannya adalah zat tersebut sulit dicerna oleh beberapa organ tubuh terutama liver dan ginjal, jika hal ini terus menumpuk, maka akan timbul penyakit baru, seperti sakit ginjal, sakit liver atau bahkan kanker.

Adapun makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung bahan berpengawet, makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan, minuman yang mengandung soda, dlll

4.Menjaga kebersihan

Ini juga yang harus Anda lakukan, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan adalah sebuah keharusan. Ada banyak sekali kuman, bakteri dan juga virus yang ada di sekeliling kita, dengan membersihkan tubuh dan lingkungan dengan baik, maka tubuh akan tetap terjaga kesehatannya.   

5.Hindari stres

Otak adalah pusat pengendali tubuh, jika otak mengalami kelebihan beban, atau mendapatkan suatu masalah dan tidak dapat menyelesaikannya dengan baik, otak akan mengalami kebuntuan, dan kebuntuan ini yang akan berimbas pada sistem tubuh lainnya.

Otak tidak akan dapat memerintahkan tubuh lain dengan baik, karena kerja otak hanya terfokus pada 1 bidang. Ini yang akan membuat kinerja tubuh atau metabolisme tubuh menjadi kacau. Berbagai macam organ tubuh, hormon-hormon yang ada di dalam tubuh, syaraf dll, tidak akan berjalan dengan baik. Ini yang dapat merusak beberapa organ dalam tubuh. Oleh karena itu hindari stres!    

6.Selalu berpikir positif

Selalu berpikir secara positif, jika mendapatkan sebuah masalah, sebaiknya pecahkan dengan baik, cari cara berbicara dengan seseorang yang sekiranya dapat membantu memecahkan masalah tersebut, dll.

Selalu berpikir positif dapat membantu tubuh bekerja dengan baik. Jika kita selalu berpikir positif, maka otak pun akan dapat bekerja dan memerintahkan organ tubuh dengan baik dan sebagaimana mestinya, Itu juga yang dapat menjaga imun tubuh tetap siaga dan juga tubuh senantiasa sehat.

Share this :

0 Response to "Tips Agar Guru Tetap Sehat"

Poskan Komentar