Manusia Tak Bisa Ciptakan Energi

Manusia tak bisa ciptakan energi – Sampai sekarang manusia tidak pernah mampu menciptakan energi. Apalagi untuk memusnahkan atau menghilangkan energi tersebut. Manusia hanya bisa mengubah bentuk energi dengan bantuan peralatan atau perkakas. 

Mengubah bentuk energi dari satu ke bentuk lainnya. Misalnya, mengubah energi listrik menjadi energi cahaya, gerak, dan panas melalui alat-alat tertentu.

Alat dan perkakas yang menggunakan energi listrik akan mengubah bentuk energi menjadi bentuk energi lain sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

Banyak contoh alat dan fasilitas yang menggunakan energi listrik. Misalnya kipas angin, setrika listrik, lampu penerangan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidak hanya listrik sebagai bentuk energi. Banyak contoh bentuk energi lain di sekitar kita. Ada energi listrik, energi cahaya, energi panas, energi bunyi, energi kimia, energi nuklir dan masih banyak bentuk energi lainnya. Berikut bentuk perubahan energi dan contoh-contohnya:


energi,listrik,gerak

1.Energi listrik diubah menjadi energi panas

Contoh alat yang menggunakan perubahan bentuk energi ini adalah; setrika listrik, pemanas listrik, kompor listrik, solder listrik, pemanggang roti, dan lain-lain.

2.Energi listrik diubah menjadi energi gerak

Kipas angin, blender, mixer, bor listrik, pengering rambut adalah beberapa contoh penerapan perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

3.Energi listrik menjadi energi bunyi

Energi listrik juga bisa diubah menjadi energi bunyi sehingga bisa digunakan untuk bel listrik di rumah, sirine, dan lain sebagainya.

4.Energi listrik menjadi energi cahaya

Pada umumnya perubahan energi listrik menjadi cahaya lebih banyak digunakan sebagai alat penerangan. Contohnya adalah alat penerangan lampu pijar dan lampu tabung.

Dari contoh bentuk energi dan perubahan bentuk energi di atas dapat disimpulkan. Manusia memang tidak bisa menciptakan satu bentuk energi pun. Manusia hanya bisa mengubah bentuk energi melalui alat-alat dan perkakas tertentu yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Hal ini sesuai dengan hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi siswa yang sedang belajar energi dan perubannya.

Share this :

12 Responses to "Manusia Tak Bisa Ciptakan Energi"

  1. kalo menghambur-hamburkan baru jagonya,,,,bener gak da..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mungkin ada sebagiannya yang begitu, mas wahab...Padahal sekarang lagi gencarnya gerakan hemat energi terutama energi listrik...

      Hapus
  2. jadi energi itu bukanlah ciptaan manusia yapak, manusia hanyamampu merubah energi menjadi berbagai macam aneka energi yang kemudian menjadi manfaat bagi kehidupan, kalau energinya mah bukan tercipta oleh manusia...dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Manusia hanya mampu mengubah bentuk energi namun tidak bisa menciptakannya sendiri....

      Hapus
  3. manusia juga dapat merubah energen menjadi minuman berenergi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...betul mas Denny. Menjadi minuman yang berenergi kimia...

      Hapus
    2. HAHA menambah tenaga di pagi hari :D

      Hapus
  4. iya betul juga ya pak Uda, manusia hanya mampu mengubah bentuk energi ke bentuk energi lainnya saja sementara untuk menciptakan energi tidak bisa. Tiba-tiba saya jadi keingetan pelajaran IPA waktu SMP nih pak baca artikel ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul mas Marnes. Konsep perubahan bentuk energi di kelas 9 SMP....

      Hapus
  5. Kalau boleh saya usul nih pak, jadi energi listrik yg selama ini di alirkan ke rumah2 warga dan digunakan, itu listrik buatan siapa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Energi listrik yang dialirkan ke rumah warga merupakan perubahan bentuk energi kinetik (gerak) menjadi energi listrik, mas...Gerakan turbin generator oleh air sehingga berubah menjadi energi listrik....

      Hapus
    2. Terjawab sudah apa yg saya tanyakan , trimakasih banget pak ya..

      Hapus