Memetik Hikmah Semangat Sumpah Pemuda bagi Pelajar

Memetik hikmah semangat sumpah pemuda bagi pelajar – Anak sekolah pada umumnya sudah hafal kalau Hari Sumpah Pemuda diperingati tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Mereka juga sudah mengetahui bagaimana proses tercetusnya Sumpah Pemuda. 

Intinya adalah semangat pemuda untuk mewujudkan keinginan mencapai kemerdekaan. Semangat untuk bersatu dalam keberagaman tertuang dalam ikrar; bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia. 

Dan, kemerdekaan yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945 adalah titik kulminasi semangat perjuangan bangsa Indonesia umumnya dan generasi muda pada umumnya. Hikmah apa yang perlu dipetik dari semangat sumpah pemuda? 

Jika dulu orang berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan maka saat ini berorientasi untuk mengisi kemerdekaan itu. Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan pembangunan di segala bidang. Tujuannya adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, makmur dalam berkeadilan.
Baca juga: Tugas Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

memetik hikmah,sumpah pemuda

Setiap warga Indonesia memiliki peran masing-masing untuk mengisi kemerdekaan. Semangat sumpah pemuda pantas menjadi inspirasi bagi setiap warga Indonesia untuk mengisi kemerdekaan tersebut.

Di kalangan siswa dan mahasiswa, ada beberapa butir hikmah dan inspirasi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1.Semangat belajar

Siswa dan mahasiswa tugasnya untuk belajar di lembaga masing-masing. Oleh sebab itu meningkatkan semangat belajar berarti mewujudkan semangat sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannnya adalah untuk mewujudkan prestasi belajar yang memuaskan.
Baca juga: Tips Agar Bersemangat Belajar

2.Semangat kebersamaan

Nilai sosial dari peringatan sumpah pemuda adalah membangun dan memelihara kebersamaan di antara sesama siswa maupun sesama mahasiswa. Semangat kebersamaan ini akan mereduksi kasus tawuran antar siswa/mahasiswa. Ini perlaku yang harus dihindarkan karena merusak silaturrahmi, merusak sarana dan fasilitas yang dibangun dengan dana yang tak sedikit.

3.Semangat berpikir kritis

Berpikir kritis itu penting bagi setiap siswa/mahasiswa. Ini perwujudan dari proses berpikir positif untuk mencipta atau membangun sesuatu yang berguna bagi kemaslahatan orang banyak. Prestasi belajar siswa/mahasiswa di berbagai disiplin ilmu secara nasional dan regional adalah hasil belajar dengan menerapkan semangat berpikir kritis.

4.Semangat sosial dan budaya

Indonesia memiliki kultur budaya dan sosial yang beragam. Namun demikian tetap satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Budaya lokal yang ada di tempat sekolah masing-masing dikembangkan sehingga menjadi khasanah milik bangsa Indonesia sendiri. Mencintai produksi dalam negeri merupakan salah satu contoh implementasi semangat sosial dan budaya.

5.Semangat beribadah

Siswa/mahasiswa yang cerdas dan pintar perlu dibarengi dengan semangat beribadah yang kuat. Prestasi belajar dan semua yang diraih tergantung pada doa dan usaha seseorang. Oleh sebab itu taat beribadah merupakan penerapan semangat sumpah pemuda untuk mewujudkan niat dan cita-cita.
Baca kembali: 10 Cara Meraih Prestasi Belajar di Sekolah

Itulah 5 butir hikmah semangat Hari Sumpah Pemuda yang perlu kita petik bersama khususnya oleh siswa dan mahasiswa. Selamat berjuang meraih prestasi belajar yang memuaskan.

Share this :

0 Response to "Memetik Hikmah Semangat Sumpah Pemuda bagi Pelajar"

Poskan Komentar