Bagaimana Metode Mengajar yang Efektif dan Efisien?

Bagaimana metode mengajar yang efektif dan efisien? – Metode dapat diartikan secara sederhana sebagai cara atau teknik penyampaian materi pelajaran kepada siswa. 

Tentu saja berbagai cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengajar di ruang kelas. Namun demikian cara-cara menyampaikan pelajaran tersebut dipilih guru setelah melalui pertimbangan yang matang. Simak kembali: Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran

Sampai saat ini cukup banyak jenis metode mengajar dalam pendidikan. Mulai dari metode yang sederhana sampai metode yang rumit untuk diterapkan. Metode yang paling sering digunakan guru antara lain; ceramah, tanya jawab, latihan, diskusi, dan sosio drama. 

Ada pun metode yang cukup rumit antara lain; eksperimen, proyek, pemecahan masalah, demonstrasi, tugas dan resitasi, dan lain sebagainya.

metode,mengajar,efektif

Semua metode yang disebutkan di atas bagus untuk diterapkan dalam pembelajaran. Masalahnya adalah efektivitas dan efisiensi dari metode yang dipilih. Guru perlu memilih metode yang aplicable, efektif dan efisien dalam pembelajaran. 

Pertimbangan dalam memilih metode mengajar salah satunya memenuhi kriteria efektivitas dan efisiensi.

Bagaimana karakter metode pembelajran yang efektif dan efisien? Berdasar pengalaman emperik, metode mengajar dikatakan efektif dan efisien apabila sesuai dengan:

1.Karakter siswa

Siswa pada jenjang SD dan SMP atau SMA/K memiliki karakter berbeda. Perbedaan itu antara lain, latar belakang kemampuan berpikir, daya serap, minat dan kemauan belajar, dan lain sebagainya. Kunjungi juga: Pentingnya Menguasai Karakter Siswa


2.Dinamika kelas

Sebuah kelas memiliki dinamika tersendiri. Kelas yang dihuni banyak siswa lebih memungkinkan menggunakan metode ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab. Namun demikian keberhasilan menggunakan metode ini tergantung pada kemampuan guru mengelola kelas dan keterampilan berceramah. Baca kembali: Metode Ceramah dalam Pembelajaran


3.Struktur kurikulum

Metode pembelajaran akan efektif bila disesuaikan dengan struktur kurikulum dan perencanaan yang telah disusun oleh guru dalam perangkat mengajar. Dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, materi pelajaran dan alokasi waktu yang tersedia dalam satu kali pertemuan.

4.Kemampuan guru

Metode yang dipilih boleh jadi sangat bagus secara teori namun belum tentu bisa diterapkan dengan baik oleh guru. Oleh sebab itu pemilihan metode hendaknya mempertimbangkan apakah guru menguasai metode tersebut atau belum.

Kesimpulannya adalah, metode mengajar yang efektif dan efisien adalah metode yang dapat diterapkan secara nyata dalam pembelajaran. Selain itu proses mengajar berjalan lancar dan menyenangkan. Hasil belajar siswa dapat dicapai secara optimal dan memuaskan.


Share this :

0 Response to "Bagaimana Metode Mengajar yang Efektif dan Efisien?"

Poskan Komentar