Materi Pelajaran Muatan Listrik pada Benda

Materi pelajaran muatan listrik pada benda – Banyak fenomena alam yang membuktikan adanya muatan listrik pada benda. Muatan listrik yang ada pada benda ini disebut dengan istilah listrik statis atau listrik tak mengalir. 

Gejala listrik statis ini dapat ditemui pada peristiwa berikut ini: 

(a) ketika selesai menyetrika pakaian, terdengar bunyi gemertak pada pakaian yang telah disetrika, 
(b) ketika mematikan televisi, tangan yang didekatkan pada layar seperti disetrum oleh layar televisi,
(c) perhatikan saat orang membakar kayu ranting yang kering, akan terdengar bunyi lentingan api dari ranting kayu yang terbakar, 
(d) saat orang merokok terlihat lentingan api keluar dari ujung rokok yang terbakar. Jika tidak waspada bisa mengena pakaian sehingga menjadi bolong-bolong oleh lentingan api rokok.

muatan,listrik,benda

Itulah beberapa contoh benda bermuatan listrik dan gejala yang ditimbulkannya. Memang, listrik statis tidak dapat diamati dengan mata secara langsung. Namun dapat dilihat atau dirasakan gejala yang ditimbulkannya. Selanjutnya bisa disimak kembali:
 Mengkonkritkan Pelajaran Abstrak Listrik Statis
Pada umumnya semua benda bersifat netral. Dalam hal ini kata ‘netral’ dimaknai tidak bermuatan. Namun benda tersebut dapat diberi muatan listrik positif maupun muatan listrik negatif. Salah satu cara untuk memberi muatan pada benda adalah menggosok benda tersebut dengan benda lain.

Benda akan bermuatan listrik positif apabila mengalami kekurangan elektron. Sebagai contoh, sebuah batang kaca akan bermuatan listrik positif jika digosok dengan kain sutera. Mengapa? Elektron dari batang kaca berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca kekurangan elektron.

Benda akan bermuatan listrik negatif apabila mengalami kelebihan elektron. Sebagai contoh, mistar plastik digosok dengan wol atau rambut kering, akan mengalami kelebihan elektron sehingga rol palstik bermuatan listrik negatif. 

Share this :

13 Responses to "Materi Pelajaran Muatan Listrik pada Benda"

  1. rupanya itu semua akibat muatan listrik
    sering mendapati kejadian seperti diatas

    BalasHapus
  2. Listrik statis terjadi akan tetapi tidak dapat mengalir lagi pula muatan listrik statis memang tidak dapat dilihat oleh kasat mata, tetapi hanya dapat dirasakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Gejalanya dapat dirasakan sebagai akibat telah bermuatan listriknya suatu benda...

      Hapus
  3. jadi mainan waktu sd hahaha flashback lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mainan sekaligus praktik mata pelajaran IPA sehingga bermain sekaligus belajar, mas...

      Hapus
  4. jadi ketika digesekkan benda seperti penggaris ke rambut juga bisa menghasilkan magnet listrik ya mas?saya masih kurang faham soal listrik gini mas, tapi saya pernah nyoba loh yang penggaris bisa memagnet sobekan kertas mas.
    maaf baru bisa berkunjung nih mas :)

    BalasHapus
  5. kalo penggaris yang sudah digosok ditempelin ke rambut juga jadi pada nempel rambutnya

    BalasHapus
  6. jadi teringat dengan masa masa SMA dulu pak :D

    BalasHapus
  7. Kalau sering berkunjung kesini bisa tambah pinter nih......

    BalasHapus
  8. Boleh saya tanya pak , mohon Ma'af sebalumnya, ketika benda tespen kita sentuhkan pada bagian positif listrk, lampu indikator pada tespen akan menyala dengan syarat ujung atas pada bagian kepala harus juga kita sentuh, nah pertanyaan saya , dalam hal ini tubuh manusia bertindak sebagai apa?

    Karna ini sesuatu dari waktu kecil saya sampai sekarang belum terpecahkan , mohon penjelasanya , untuk jawaban bapak saya ucapkan trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas. Jari telunjuk yang ditempelkan pada kepala tespen bertindak sebagai ground atau arde, mas...

      Hapus
  9. trimakasih banyak pak ya , bapak membuat saya puas atas jawaban bapak,

    BalasHapus