Syarat Sarapan Sehat untuk Anak Sekolah

Syarat sarapan sehat untuk anak sekolah – Semua orang sudah mengetahui betapa pentingnya sarapan bagi anak sekolah. Menu sarapan seimbang akan berpengaruh terhadap aktivitas belajar anak di sekolah. Anak akan belajar penuh semangat untuk meraih prestasi belajar yang memuaskan. Simak kembali: Sarapan Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa

Sementara itu, anak yang tidak terbiasa sarapan sebelum berangkat sekolah. Mengandalkan jajan di sekolah akan mengalami kelelahan. Bahkan mereka cenderung mengantuk dalam mengikuti proses pembelajaran. Tentu saja hasil belajar anak sulit ditingkatkan dengan cara dan semangat belajar seperti itu. Baca juga: Resiko Siswa Tidak Sarapan

Jajan di sekolah bukannya tidak baik. Hanya saja porsi menu jajan mereka tidak memenuhi syarat menu seimbang. Menu sarapan seimbang memenuhi asupan gizi yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Menu yang memenuhi syarat ini menjadi menu yang sehat.

syarat,sarapan,sehat

Jadi, menu yang sehat tidak hanya ditinjau dari segi jenis bahan menu, jumlah atau porsi, kualitas dan waktu penyajian. Namun yang lebih penting adalah kandungan nutrisi yang seimbang untuk keperluan aktivitas belajar anak.

Karbohidrat salah satu unsur menu sarapan pagi merupakan sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas belajar. Kekurangan energi ini akan membuat siswa kelelahan dan ngantuk saat belajar. Makanan yang menjadi menu memenuhi karbohidrat antara lain nasi goreng lengkap, roti gandum dengan selai kacang, lontong sayur tauco, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi kandungan protein bersumber dari menu yang terbuat dari telur, daging lemak rendak dan susu. Nasi goreng lengkap juga ditambahkan telur mata sapi atau dadar telur. Unsur vitamin dan mineral sudah terkandung dalam menu sarapan yang disebutkan di atas. Tentu saja, sarapan pagi yang sehat juga dilengkapi dengan minum air putih yang cukup agar anak tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Masalahnya sekarang, apakah semua anak sudah sarapan pagi sebelum berangkat sekolah? Alasan yang sering diajukan adalah tidak sempat, atau memang sengaja demikian. Bukankah anak sudah dibekali uang saku untuk jajan di sekolah?

Ada juga yang sudah menerapkan kebiasaan sarapan pagi untuk keluarga. Hanya saja sering asal sarapan. Menu sarapan yang disajikan tidak memenuhi syarat gizi seimbang. Anak hanya diberi menu sarapan apa adanya, yang penting anak makan sebelum berangkat sekolah.

Oleh sebab itu setiap keluarga perlu menyadari pentingnya sarapan yang sehat. Dengan sarapan sehat akan dapat menunjang aktivitas belajar anak di sekolah sehingga memungkinkan untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Simak juga: Pentingnya Sarapan Bagi Anak Sekolah

Share this :

0 Response to "Syarat Sarapan Sehat untuk Anak Sekolah"

Poskan Komentar