9 Tips dan Cara Agar Siswa Tetap Sehat

9 Tips dan cara agar siswa tetap sehat – Tak dapat dipungkiri, proses pendidikan anak berkaitan erat dengan kesehatan anak itu sendiri. Kenapa tidak? 

Tubuh anak yang sehat akan membuat pikiran dan jiwa anak yang kuat. Hal ini akan menunjang proses belajar siswa di sekolah maupun di rumah menjadi lebih baik.

Bagaimana jika tubuh anak tidak sehat? Yang pasti, motivasi dan kesempatan belajar anak akan menurun sehingga berpengaruh pada penurunan prestasi belajar siswa tersebut.

Tentu saja semua siswa ingin hidup sehat. Namun sering siswa tidak menyadari atau memang tidak tahu caranya untuk mewujudkan tubuh yang sehat. Oleh sebab itu, artikel ini menjadi salah satu alternatif informasi yang tepat bagi siswa.

tips,cara,siswa sehat

Untuk memperoleh kondisi tubuh yang sehat tidak serumit yang dibayangkan. Yang penting adalah siswa mengetahui bagaimana tips dan cara menjaga agar tubuh tetap sehat.

1.Minum air putih yang cukup

Mengapa ini ditempatkan pada poin pertama? Banyak siswa yang lupa atau lalai dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan air minum. Mungkin karena terlalu sibuk belajar sehingga lupa mengkonsumsi air semisal air putih, susu atau minuman yang mengandung elektrolisa. 

Minuman-minuman seperti ini baik untuk dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, agar tubuh senantiasa sehat dan tidak mengalami dehidrasi.

2.Makanan yang seimbang

Tidak semua makanan yang dimakan itu baik untuk tubuh. Kenali makanan yang akan dikonsumsi, jika Anda penyuga rasa manis, sebaiknya seimbangkan makanan yang mengandung rasa manis tersebut dan tidak terlalu banyak, agar kadar gula dalam darah seimbang. 

Begitupun dengan makanan berlemak, jika Anda menyukai makanan dengan lemak tinggi, ada baiknya jika diimbangi dengan olahraga secara teratur, agar lemak yang ada dalam tubuh berubah menjadi energi.

3.Sarapan pagi

Dengan sarapan pagi siswa dapat melaksanakan aktivitas belajar dengan baik. Hal ini disebabkan tubuh mendapat pasokan energi kimia yang memadai sehingga otak anak menjadi siap untuk belajar. 

Kesiapan otak dalam menerima pelajaran akan menghantarkan siswa pada prestasi belajar. Jangan lupa baca: Sarapan Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa

4.Konsumsi buah dan sayur

Untuk melengkapi nutrisi penting untuk metabolisme tubuh, siswa perlu banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Sebagian besar mengandung zat cair yang dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. 

Selain itu buah dan sayuran mengandung zat dari berbagai vitamin dan mineral, dan zat antioksidan. Ini diperlukan untuk menunjang kebugaran tubuh siswa dalam melakukan aktivitas belajar yang padat. Jangan lewatkan artikel: Siswa Perlu Konsumsi Buah dan Sayur

5.Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dimaksudkan untuk mengembalikan stamina sehabis menjalankan berbagai macam aktivitas belajar. Aktivitas belajar yang padat akan membuat tubuh siswa merasa lelah. Nah, disinilah saat yang paling baik untuk istirahat.

Istirahat yang baik dapat menyegarkan tubuh, sehingga ketika bangun, maka tubuh akan terasa segar, dan aktifitas belajar dapat dilakukan dengan baik kembali. Oleh sebab itu sebagai siswa jangan tidur terlalu larut.

6.Hindari stres

Stres adalah salah satu hal yang dapat merusak otak siapa saja, termasuk peserta didik. Mengapa demikian? Ketika seorang siswa sedang mengalami stres maka sistem metabolisme tubuhnya akan kacau. 

Otak tidak dapat berkerja dengan baik, berbagai macam organ tubuh atau hormon tidak dapat diperintahkan dengan maksimal. Mungkin perlu disimak: Mengenal Gejala Stres pada Siswa

7.Berpikir positif

Ini adalah cara lain untuk dapat membuat tubuh menjadi sehat. Otak adalah pusat atau pengendali tubuh, dengan mensugestikan berpikir positif, maka seluruh tubuh akan merespon dengan memaksimalkan kinerja tubuh itu sendiri. 

Jika ada masalah, maka tubuh terutama otak secara langsung akan mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk dapat memecahkan masalah tersebut.

8.Sempatkan berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara teratur maka seluruh tubuh akan bergerak secara dinanis. Gerakan-gerakan ini yang dapat memstimulasi tubuh untuk dapat memaksimalkan kinerjanya sendiri. 

Otot-otot akan dipaksa bekerja secara maksimal, begitupun dengan organ tubuh lainnya. Ini adalah salah satu hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat.

9.Penyegaran

Refreshing (penyegaran) adalah salah satu cara yang dapat membuat tubuh menjadi releks. Dengan melakukan penyegaran maka otak akan menstimulasi tubuh untuk dapat bekerja dengan santai. Selanjutnya akan membuat tubuh siswa menjadi terasa segar.

Dengan memperhatikan tips dan cara tersebut di atas. Mudah-mudahan siswa dapat menjaga kesehatan tubuh sehingga dapat melaksanakan aktivitas belajar dengan baik. Prestasi belajar pun dapat diraih secara optimal.

Share this :

7 Responses to "9 Tips dan Cara Agar Siswa Tetap Sehat"

  1. tips sehat bermanfaat,
    itu menu dipiring apa uda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu lontong sayur tauco, menu khas sarapan di tempat saya, mas wong...

      Hapus
  2. Hem biar sehat selain siswa harus rajin makan 5 sehat sempurna tentunya harus di imbangi olahraga yang teratur, pumpung masih duduk dibangku sekolah siswa harusnya memanfaatkan mapel penjas sebagai salah satu sarana menjaga kesehatan tubuh, jadi kalau pelajaran penjas harus benar-benar serius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Purnama. Ikuti pelajaran Penjaskes dengan baik sehingga ada keseimbangan antara aktivitas otak dan aktivitas fisik siswa...

      Hapus
  3. kalau saya saat ini lagi membiasakan untuk minum air putih pak biar sehat selalu :D

    BalasHapus
  4. waw jooza ini pak. kesukaan saya sekali itu pak lontong touco, apalagi made in sumbar hehe :) bikin ngiler aja nih baca artikelnya, jadi fokus ke gambar saja saya jadinya hehe

    BalasHapus
  5. Bner uda....harus banyak minum air putih...

    BalasHapus