Tips Sederhana Agar Anak Sempat Sarapan Pagi

Tips sederhana agar anak sempat sarapan pagi – Sarapan pagi itu penting bagi setiap orang terutama yang melakukan aktivitas fisik dan psikis. 

Bagi anak sekolah, aktivitas yang paling banyak adalah kegiatan otak untuk menerima dan menyerap materi pelajaran. Anak yang memiliki energi kimia tubuh yang cukup akan dapat belajar dengan baik di sekolah sehingga prestasi belajar anak dapat ditingkatkan. Baca juga: Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah

Namun sayang sekali, masih banyak anak yang tidak sempat makan pagi sebelum berangkat sekolah. Tentu saja alasannya beraneka ragam. 

Terlepas alasan anak melewatkan makan pagi, berikut ini dibahas bagaimana agar anak sekolah menyempatkan diri untuk sarapan pagi. Jangan lewatkan: Manfaat Sarapan Pagi Bagi Siswa

tips,sarapan,pagi

1.Usahakan anak bangun lebih cepat

Orang tua perlu mengontrol waktu tidur dan bangun anak setiap hari. Tentunya ini tidak berlaku bagi anak yang sering tidur tidak di rumah orang tuanya alias di tempat lain. Bila anak terbiasa bangun terlambat sebaiknya segera bangunkan pada waktu yang lebih cepat dari biasanya. Mungkin tidak ada salahnya jika orang tua tidak pernah bosan untuk membangunkan anak yang masih sekolah.

2.Menu sarapan sudah disediakan sejak malam

Kalau perlu, menu sarapan pagi buat anak sekolah disediakan sejak malam hari. Ini menjaga agar tidak terlambat untuk menyediakan sarapan pagi untuk anak. Orang tua yang terlambat menyediakan menu sarapan pagi sering dijadikan alasan anak untuk melewatkan makan pagi sebelum berangkat sekolah.

3.Sajikan menu yang bervariasi

Segala sesuatu yang bervariasi akan mendatangkan gairah.Begitu pula dengan menu sarapan pagi yang bervariasi. Anak akan berselera untuk menyempatkan diri untuk sarapan pagi sebelum pergi sekolah.

4.Alat makan dan minum yang disukai anak

Agar anak termotivasi untuk tidak melewatkan makan pagi, sediakan alat makan dan minum yang menarik bagi anak. Misalnya, piring makan dipilihkan yang bervariasi warnanya, bagus menurut anak. Begitu pula dengan gelas minuman anak.

5.Biasakan anggota keluarga sarapan pagi

Kebiasaan orang tua untuk selalu sarapan pagi bersama menjadi cara efektif untuk menyempatkan anak untuk sarapan pagi bersama. Mungkin anak sekarang lebih banyak meniru sesuatu yang baik dari orangtuanya. Metode doktrin dan suruhan boleh jadi tidak sesuai lagi untuk diterapkan pada keluarga untuk saat ini.

Begitulah 5 trik sederhana agar anak sempat sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. Dengan trik ini anak akan dapat meningkatkan energi kimia dalam tubuh untuk meraih prestasi belajar yang optimal. Jangan lupa menyimak: Sarapan Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa


Share this :

1 Response to "Tips Sederhana Agar Anak Sempat Sarapan Pagi"

  1. peran orang tua nih mengingatkan anak untuk tidak boleh begadang lalu menyiapkan mereka sarapan

    BalasHapus