Membatasi Masalah dalam Kegiatan PTK

Membatasi masalah dalam kegiatan PTK – Kegiatan guru yang cukup penting dan menarik di samping mengajar adalah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan ini menempatkan guru sebagai peneliti internal di ruang kelas. Di samping sebagai pengajar dan pendidik, guru juga seorang peneliti internal.

Ruang kelas merupakan sebuah tempat yang istimewa. Kalau boleh dikatakan, proses yang berlangsung di kelas lebih unik dan dinamis. Ini jika dibandingkan dengan proses yang berlangsung di sebuah pabrik. 

Proses yang berlangsung di ruang kelas merupakan interaksi timbal balik antara guru dengan siswa, siswa dengan temannya maupun siswa dengan sumber belajar. Proses ini berlangsung dalam waktu yang sama. Di saat guru mengajar maka saat itu pulalah siswa belajar.

batasan,masalah,PTK

Namun demikian proses belajar dan mengajar di ruang kelas tidak selalu itu berjalan lancar. Banyak ditemui permasalahan sehingga menjadi kendala dan hambatan dalam perwujudan tujuan pembelajaran.

Permasalahan tersebut tidak hanya berasal dari siswa, bahkan bisa juga bersumber dari guru.

Tidak seorang guru pun yang bebas dari kendala dan hambatan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas (PTK) memberi peluang kepada guru untuk merefleksi diri atas permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran.

Berangkat dari permasalahan yang dirasakan, guru melakukan identifikasi permasalahan yang dirasakan. Mencatat dan mengagendakan butir-butir masalah secara rinci sehingga ditemukan sekian butir permasalahan.

Semua permasalahan yang terindentifikasi, tidak mungkin diselesaikan dalam waktu singkat dan sekaligus. Oleh sebab itu perlu dianalisa semua masalah yang sudah diidentifikasi. Kemudian lakukan pembatasan masalah.

Pembatasan masalah didasarkan atas urgensi masalah. Mana masalah yang paling penting, mendesak dan segera dicarikan solusinya segera. Selain itu perlu juga dipertimbangkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan PTK.

Pertimbangan matang dalam membatasi masalah yang akan diteliti akan mengantarkan guru dalam mencapai tujuan dan manfaat PTK ini. Kegiatan PTK benar-benar dapat diterapkan sehingga menghasilkan sebuah laporan kegiatan PTK.

Share this :

0 Response to "Membatasi Masalah dalam Kegiatan PTK"

Poskan Komentar