Cara Mudah Agar Siswa Tetap Bugar

Cara mudah agar siswa tetap bugar – Meraih prestasi belajar yang memuaskan adalah impian semua pelajar. Keinginan untuk berprestasi perlu diwujudkan dengan berbagai upaya positif dan kreatif. Namun semua itu akan terkendala jika siswa sering mengalami masalah kesehatan tubuh.

Agar terhindar dari masalah kesehatan, siswa perlu melakukan kebiasaan hidup sehat. Kebiasaan ini akan membuat siswa tetap sehat dan bugar. Belajar di rumah maupun di sekolah menjadi bersemangat.

Perilaku hidup sehat tidak harus melakukan sesuatu yang rumit seperti yang dilakukan oleh banyak orang dewasa. Bagaimana caranya? Cukup mudah dan coba ikuti pembahasan berikut ini:

cara,siswa,bugar

1.Tidur yang cukup

Istirahat yang baik adalah tidur. Oleh sebab itu siswa jangan biasakan tidur terlalu larut malam. Apalagi terbiasa begadang karena resikonya menurunkan stamina tubuh dan menurunkan semangat untuk belajar.

2.Makan sayur dan buah

Banyak sayur yang murah namun mengandung vitamin yang penting bagi kebugaran tubuh. Misalnya sayur bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Begitu pula buah-buahan yang harganya tidak terlalu mahal tersedia di sekitar siswa. Misalnya buah mangga, rambutan, sawo, dan jambu air. Konsumsi buah dan sayur akan membantu proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih lancar.

3.Minum air putih

Belum ada ukuran yang baku berapa gelas siswa harus minum air putih dalam sehari. Namun yang pasti minum air putih itu secukupnya. Paling tidak kebiasaan minum air putih akan mencegah timbulnya dehidrasi.

4.Aktif dalam belajar

Aktif dalam belajar secara fisik maupun psikis dapat melatih organ tubuh menjadi terlatih. Gerakan dalam belajar seperti menulis, berjalan ke arah papan tulis untuk menulis sesuatu ketika belajar merupakan beberapa gerakan fisik. Rajin menjawab pertanyaan atau mengajukan pertanyaan termasuk kegiatan belajar yang melatih kecerdasan otak.

5.Menghirup udara segar

Pagi adalah waktu yang paling tempat untuk menghirup udara segar. Segeralah ke luar rumah beberapa menit saja menjelang mandi. Sambil menggerakan anggota badan. Begitu pula ketika belajar di ruang kelas. Tinggalkan ruangan kelas untuk mengganti suasana sambil menghirup udara luar.

6.Rajin ibadah shalat

Shalat tidak hanya mengandung nilai ibadah. Selain itu gerakan shalat dapat menyehatkan anggota tubuh. Berdoa setelah shalat merupakan kegiatan yang melatih konsentrasi dan mempertajam daya ingat siswa.

Enam cara di atas sangat mudah bukan? Semoga siswa dapat melakukannya demi menjaga kebugaran tubuh sehingga tetap bugar untuk menerima pelajaran di sekolah.

Share this :

0 Response to "Cara Mudah Agar Siswa Tetap Bugar"

Poskan Komentar