5 Manfaat Menulis Kreatif Bagi Guru

5 Manfaat menulis kreatif bagi guru – Semua orang pasti sudah pernah menulis, selagi tidak buta huruf atau pernah bersekolah. 

Paling tidak menulis surat atau menulis kalimat yang ditujukan kepada orang lain sehingga orang lain tersebut mengetahui apa yang telah disampaikan oleh si penulis surat.

Menulis dalam batasan ini bukan sembarang menulis. Melainkan menulis kreatif sebagai media penyampai pesan dari ide dan gagasan untuk diketahui orang banyak. 

Penyampaian hasil pemikiran dilakukan dalam bentuk bahasa tulis dan dikomunikasikan melalui media umum. Baca juga: Menulis Artikel di Media Cetak atau Blog?

Tujuannya antara lain untuk mempengaruhi pikiran orang lain ke arah yang lebih positif. Bagi orang lain, apa yang disampaikan melalui tulisan mungkin hanya sebagai hiburan. 

Atau bisa juga menambah pengetahuan dan wawasan orang lain. Ini tergantung pada apa materi tulsian yang hendak disampaikan kepada orang lain.

manfaat,menulis,kreatif

Jika seseorang telah menulis tetapi tidak dikomunikasikan, itu belum berarti apa-apa bagi orang lain. Menulis yang baik adalah menulis yang bisa diketahui orang lain. Bagus atau jelek, bermanfaat atau tidak, itu tergantung pada orang lain yang membaca.

Jika menulis kreatif dilakukan oleh guru, tentu akan banyak manfaat yang diperoleh. Manfaatnya tidak hanya dari segi material tetapi juga dalam matra spiritual. 

Berikut 5 manfaat menulis kreatif bagi guru:

1.Menyampaikan ide dan gagasan bermanfaat

Dengan menulis guru dapat menyampaikan ide dan gagasannya kepada orang lain dalam waktu singkat dan praktis. Ide dan gagasan bertujuan untuk mempengaruhi pola pikir orang lain. Tentu saja, ide dan gagasan yang bermanfaat untuk mempengaruhi orang lain.

2.Mengasah dan Mempertajam daya ingat

Jika guru telah menulis dan dikomunikasikan melalui media tertentu, daya pikir dan ingat guru akan lebih tajam. Ini akan menguntungkan bagi guru untuk mengajar siswanya di ruang kelas. 

Pengetahuan dan wawasan guru menjadi lebih luas sehingga cara guru mengajar lebih lancar dan luwes.

3.Mempermudah proses kegiatan penelitian

Guru juga seorang peneliti terutama peneliti internal yang berkaitan dengan tugas keguruan. Penelitian guru dikenal dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Tugas ini perlu didokumentasikan dalam bentuk makalah dan laporan kegiatan kegiatan ilmiah lainnya. 

Dengan kebiasaan menulis, guru akan mudah melakukan kegiatan PTK dan menulis laporannya. Simak kembali: Tujuan dan Manfaat PTK

4.Menjadi sumber penghasilan

Jika tulisan guru dipublikasikan melalui media cetak (surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain) akan mendatangkan penghasilan tambahan bagi guru. Media tersebut akan memberi imbalan atau insentif kepada guru yang tulisannya diterbitkan.

Mempublikasikan tulisan guru tidak harus melalui media cetak. Jika kesulitan untuk menulis di media cetak, media internet pun dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan. 

Soal besar atau kecil penghasilan tersebut tergantung pada guru bagaimana ia mengoptimalkan blog atau websitenya.

5.Mendatangkan kepuasan batin

Menulis kreatif dan dipublikasikan melalui media yang ada akan mendatangkan kepuasan batin. Ada nilai aktualisasi diri, kebanggaan dan kepercayaan diri yang diperoleh guru dari kegiatan menulis kreatif. 

Mungkin kepuasan batin ini lebih penting dari manfaat yang diuraikan di atas.

Menulis kreatif bagi guru, diyakini tidak hanya sebatas 5 manfaat yang diuraikan di atas. Masing-masing guru akan memperoleh manfaat yang lebih banyak dan lebih luas. 

Hal ini tergantung pada bagaimana guru menghayati tentang manfaat menulis kreatif yang dirasakannya. Jangan lupa baca kembali: Manfaat dan Fungsi Menulis Bagi Guru

Share this :

0 Response to "5 Manfaat Menulis Kreatif Bagi Guru"

Poskan Komentar