Tips Super Praktis Menjaga Ginjal

Tips super praktis menjaga ginjal - Banyak orang mengalami masalah gangguan ginjal. Keluhan terhadap masalah kelainan ginjal umumnya berawal dari kebiasaan yang dapat mengganggu proses kerja ginjal.

Pola hidup yang tidak sehat dapat merusak kinerja ginjal. Selain itu kebiasaan yang salah dalam perawatan ginjal juga menjadi penyebab terganggunya proses kerja organ tubuh ini. Ini jangan terjadi pada siswa karena mereka sedang menuntut ilmu di sekolah.

Fungsi utama ginjal

Ginjal adalah organ tubuh bagian dalam yang berfungsi untuk menyaring darah. Hasil penyaringan darah dikeluarkan dalam bentuk urine (air seni). Kandungan air seni manusia terdiri dari sebagian besar air dan garam, zat warna empedu, hasil perombakan protein berupa urea, ureat, dan amoniak.


tips,cara,merawat,ginjal

Ginjal disebut juga sebagai alat ekskresi yang utama. Mengeluarkan sebagian besar hasil sisa metabolisme sel yang berasal dari perombakan protein. Protein yang dirombak dalam tubuh berupa zat amoniak dan urea. Terbentuk melalui proses pembusukan oleh mikroba dalam usus.

Sisa metabolisme tubuh ada yang masih dapat digunakan oleh tubuh namun ada pula yang bersifat racun sehingga harus dikeluarkan dari tubuh. Ini sekaligus akan menghindari tubuh dari penyakit.

Manusia memiliki sepasang ginjal. Berbentuk menyerupai biji kacang buncis dan berwarnah merah kecoklatan. Terletak di dekat tulang-tulang pinggang. Ginjal bagian kiri berukuran lebih besar daripada ginjal kanan. Ginjal kanan lebih rendah letaknya daripada ginjal kiri. Hal ini posisinya dalam tubuh terdesak oleh hati.

Merawat ginjal supaya sehat

Merawat ginjal agar tetap sehat sangatlah mudah. Namun demikian dalam praktiknya sering orang melupakan bagaimana cara merawat ginjal tersebut.  Berikut ini tips praktis untuk menjaga kesehatan ginjal:

1.Minum air putih yang cukup.
2.Hindari kebiasaan yang merusak kerja ginjal.
3.Kurangi makanan dan minuman asin.
4.Banyak konsumsi buah dan sayur.
5.Menjaga kadar gula dalam darah.
6.Hindari gejolak psikis berlebihan.
7.Hati-hati mengkonsumsi obat dan suplemen.
8.Berolah raga secara rutin.
9.Jangan menahan buang air seni.
10.Periksa ginjal secara berkala.

Itulah 10 butir tips paling praktis dan murah untuk menjaga agar ginjal tetap sehat. Ginjal yang sehat akan memperlancar proses ekskresi sisa metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian pengeluaran urine dari dalam tubuh menjadi lancar.

Share this :

0 Response to "Tips Super Praktis Menjaga Ginjal"

Poskan Komentar