Contoh Soal Arus Listrik Rangkaian Bercabang

Contoh soal arus listrik rangkaian bercabang – Pada umumnya soal ujian IPA kelas IX SMP/MTs banyak memuat gambar, termasuk soal yang menyangkut listrik dinamis. Siswa disuguhkan gambar rangkaian listrik yang memuat materi pelajaran hukum Ohm, rangkaian hambatan listrik dan hukum Kirchoff.

Siswa perlu mengenal dan membedakan semua gambar yang disajikan. Pengenalan terhadap gambar penjelas dalam soal justru mempermudah siswa memahami apa yang dimaksud oleh soal tersebut. Intinya, struktur soal ujian IPA terdiri dari kalimat pernyataan, gambar sebagai penjelas, dan kalimat pertanyaan yang mengarah pada pilihan (option) jawaban yang disediakan.

soal,rangkaian,listrik,bercabang

Untuk melengkapi contoh soal fisika yang sudah dimuat sebelumnya, kali ini disajikan contoh soal ujian yang berkaitan dengan arus listrik dalam rangkain bercabang:
Perhatikan gambar di bawah ini!


Jika kuat arus yang menuju titik percabangan 10 A, maka besarnya kuat arus listrik pada I2 dan I4 adalah…
A.2 A dan 10 A   B.3 A dan 6 A    C. 4 A dan 6 A   D.  6A dan 10A

Pembahasan:

Menurut hukum Kirchooff pada rangkaian listrik bercabang, jumlah kuat arus yang memasuki suatu titik bercabang ( I masuk ) sama dengan jumlah arus yang keluar ( I keluar ) dari titik percabangan itu.

I masuk = I keluar
I = I1 + I2 + I3 = I keluar
10A = 3A + I2+ 1A = 10A
10A = 4A + I2
I2 = 10A – 4A
I2 = 6A

Arus melalui I2 adalah 6A, arus masuk ke titik cabang 10A maka arus yang keluar juga 10A.

Jawaban

6A dan 10A ( D )

Share this :

0 Response to "Contoh Soal Arus Listrik Rangkaian Bercabang"

Poskan Komentar