Kenapa Ujung Penangkal Petir Lancip?

Kenapa ujung penangkal petir lancip? – Petir dan kilat merupakan dua peristiwa alam yang tak dapat dipisahkan. Di mana ada kilat disitu ada petir. Karena  terjadinya petir dan kilat sesungguhnya dalam waktu bersamaan.

Namun faktanya kilat lebih dulu terlihat dari pada terdengarnya bunyi petir. Ini disebabkan perbedaan kecepatan antara cahaya dan bunyi di udara. Cahaya lebih cepat merambat di udara ketimbang bunyi.

penangkal,petir,lancip

Kilat adalah loncatan bunga api listrik di angkasa yang berbentuk rambatan cahaya. Petir adalah bunyi ledakan yang ditimbulkan oleh tubrukan muatan listrik di awan. Muatan listrik negatif petir akan mencari tempat netral untuk melepaskan muatannya.

Tempat netral adalah bumi. Oleh sebab itu petir akan selalu mencari tempat untuk menuju bumi. Dalam hal ini petir mencari jarak terdekat untuk sampai ke bumi. Salah satu jarak terdekat menuju bumi adalah bangunan yang tinggi.

Bangunan yang tinggi seperti gedung bertingkat menjadi sasaran utama untuk disambar petir. Untuk menghindari bahaya sambaran petir, pada bangunan yang tinggi selalu dipasang alat penangkal petir. Alat ini hanyalah salah satu alternatif cara untuk melindungi bangunan dari bahaya sambaran petir.

Yang menarik adalah pada bagian ujung penangkal petir dibuat dari logam berbentuk lancip. Dalam teori elektron, bagian konduktor yang berbentuk runcing banyak berkumpul muatan listrik. Hal ini akan memancing loncatan elektron untuk mendekat ke ujung lancip sehingga mudah disalurkan melalui kawat arde (ground) menuju bumi. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »